Kelompok Lansia Tak Bisa Laksanakan Haji Tahun Ini

Foto: Pelayanan terpadu satu pintu Kemenag Pati/Suryamedia.id

Pati, Suryamedia.id – Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Abdul Hamid, memastikan calon jemaah haji 2021 dari Pati seluruhnya akan difasilitasi vaksinasi Covid-19.

Hamid menambahkan saat ini calon jemaah haji dari golongan lansia sebagian besar sudah divaksin dari jalur pemerintah. Sementara sisanya akan diselesaiakan paling cepat bulan April.

“Jemaah kita yang umurnya kurang dari 60 tahun ada 881 jemaah, sementara yang lansia 50 keatas hanya 400-an lansia sudah divaksin duluan yang non lansia akan divaksin di minggu kedua atau ketiga di masing-masing puskesmas,” ungkap Abdul Hamid yang juga menjabat sebagai Sekretaris MUI itu.

Baca juga: Calon Jemaah Haji Terancam Gagal Berangkat Tahun Ini

Skenario terburuknya, lanjut Hamid, calon jemaah yang berusia 60 tahun keatas masih belum diperbolehkan keberangkatannya senadainya keran calon jemaah haji dari luar negeri diizinkan. Hal tersebut demi keamanan para jemaah.

“Sampai hari ini pemerintah Saudi menggunakan kebijakan 3 Deb, yang bisa berangkat itu usianya kurang dari 60 tahun,” katanya.

Hamid juga menyinggung kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa kuota haji 2021 per negara maksimal 30 persen dari kuota normal sebelumnya. Menanggapi isu tersebut dari sekarang timnya telah menyiapkan kandidat 30 persen yang dimaksud.

Baca juga: Alasan Kesehatan, Vaksinasi Saat Ramadan Dilakukan Malam Hari 

Adapun seluruh jemaah haji dari Pati yang tertunda pemberangkatannya selama pandemi Covid-19 ada 1.296 jamaah.

“Yang lagi santer di Saudi akan diterapkan kuota 30 persen dari kuota situasi normal. Dari data terakhir ada 60 ribu jemaah se Indonesia. Kalau Pati mau memberangkatkan dengan aturan ini ya ada 400-an lebih sedikit. Ini belum pasti skenarionya tapi kita siapkan,” imbuh Hamid.

Namun Hamid menegaskan aturan tersebut belum diterapkan pihak Saudi. Hingga saat ini tiga bulan menjelang musim haji 1443 Hijriah, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum memberi keputusan terkait format pelaksanaan ibadah haji tahun 2021. (*)

Baca juga: Gagal Mudik, Operasional Dua Bandara di Jateng Batal

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Lansia Diatas 60 Tahun Belum Bisa Berhaji Tahun Ini‘.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here