Terdampak Banjir, DPU Semarang Bangun Embung Serapan di Muktiharjo Kidul

Foto: Pekerjaan pembuatan embung di wilayah Muktiharjo Kidul terus dikebut DPU Kota Semarang/istimewa

Semarang, Suryamedia.id – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang berencana membangun enam embung resapan di Kelurahan Muktiharjo Kidul.

Kasi Pengendalian dan Pemanfaatan Konservasi SDA DPU Kota Semarang, Dani Dwi Tjahjono, mengatakan Muktiharjo Kidul menjadi wilayah yang cukup parah terdampak banjir pada Februari lalu. Ketika banjir daerah lain sudah surut, wilayah tersebut masih terendam sekitar 50 sentimeter.

Kondisi itu menjadi alasan DPU Kota Semarang fokus membangun embung resapan di daerah Muktiharjo Kidul.

Baca juga: Sedot Banjir, Gubernur Jateng Proyeksikan Pemanfaatan Kali Babon

Dani menyebutkan, peta pembangunan embung di Muktiharjo Kidul ada delapan embung. Saat ini, dua embung sudah dibangun lengkap dengan pagar di sekelilingnya serta pompa pengurasan. Dua embung ini menjadi embung utama. Sedangkan, enam embung lainnya akan dibangun berupa embung resapan.

“Embung resapan itu seperti kolam retensi yang hanya dikekruk, dibuat tanggul di sekelilingnya untuk menampung air,” terang Dani, Jumat (9/4/ 2021).

Dia menjelaskan, pembangunan embung yang sempurna membutuhkan anggaran miliaran rupiah. Padahal, anggaran yang dimiliki pemerintah terbatas karena difokuskan untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga :   Tak Kapok, Pegawai Kelurahan Muktiharjo Kidul Ambil Pungli Lagi

Oleh sebab itu pihaknya akhirnya merencanakan pembuatan embung resapan. Menurutnya, anggaran pembuatan embung resapan bisa ditekan seminimal mungkin lantaran hanya membutuhkan alat berat, BBM, serta dump truck.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini