Sariawan Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Foto: Ilustrasi/Pixabay.com/Explorerbob

Suryamedia.id – Sariawan atau stomatitis aphtosa merupakan luka peradangan yang terjadi di bibir atau bagian dalam mulut lainnya. Rasa perih yang timbul karena sariawan pun menimbulkan rasa tidak nyaman, khususnya saat makan. Dan akan terasa lebih tidak nyaman lagi saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Kondisi mulut yang cenderung kering saat berpuasa memicu bertambahnya jumlah bakteri penyebab sariawan. Akibatnya, selain harus mengalami rasa cekit-cekit juga bisa memicu masalah bau mulut.

Melansir laman Halodoc ada sejumlah cara alami untuk mengatasi sariawan. Berikut ulasannya:

Air garam

Cara praktis meredakan sariawan adalah menggunakan air garam untuk berkumur. Pasalnya, garam memiliki sifat antiseptic sehingga dapat membantu proses penyembuhan sariawan secara lebih cepat.

Baca juga: Cara Alami Dapatkan Kulit Sehat Awet Muda

Madu

Sudah tak heran lagi kalau madu bisa menjadi obat untuk berbagai jenis penyakit. Mengoleskan madu diketahui ampuh mengatasi sariawan, sebab madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang membantu mengurangi rasa perih serta mempercepat proses pemulihan sariawan.

Baca Juga :   Waspada Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman dan Makanan Manis saat Hamil

Kelapa

Jika air kelapa biasanya banyak direkomendasikan untuk membantu mengembalikan cairan dalam tubuh, manfaat lain kelapa rupanya bisa juga untuk meredakan sariawan yang ada di lidah maupun di bibir.

Kandungan dalam kelapa diketahui mampu mencegah peradangan luka pada sariawan semakain memburuk serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Caranya cukup dengan mengoleskan campuran madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa pada daerah yang mengalami sariawan.

Baca juga: Bolehkah Berkumur Saat Berpuasa?

Kantong teh bekas

Kantong teh bekas banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda atau menghilangkan bau pada sepatu. Namun ada juga kegunaan lainnya, yaitu untuk meredakan sariawan.

Kantong teh memiliki sifat basa yang dapat menetralisir area mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan. Caranya cukup dengan mengompres daerah yang mengalami sariawan dengan kantong teh celup bekas selama kurang lebih lima menit pada sariawan.

Akan tetapi cara-cara alami tersebut tidak bisa dilakukan saat sedang berpuasa karena bisa membatalkan puasa. Cobalah cara alami tersebut setelah berbuka, setelah tarawih, menjelang sahur atau kapan pun selama tidak sedang puasa. Selamat mencoba. (*)

Baca Juga :   Tetap Bugar Meski Usia Lanjut dengan Berolahraga

Baca juga: Waspada Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Cara Alami Meredakan Sariawan Saat Bulan Puasa‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here