Antisipasi Mudik Lebaran, Polres Boyolali Dirikan Pos Pengamanan Tangguh

Foto: ilustrasi

Boyolali, Suryamedia.id – Kepolisian Resor Kabupaten Boyolali dirikan tujuh pos pengamanan Tangguh untuk memantau dan menekan mudik lebaran tahun ini.

Sebelumnya pemerintah Kabupaten Boyolali juga telah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Tujuh Pos Pengamanan Tangguh akan didirikan di Kabupaten Boyolali. Pos itu untuk memantau dan menekan mudik Lebaran tahun ini.

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond mengatakan, imbauan pemerintah tersebut, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menerbitkan surat telegram nomor 260 tanggal 12 April 2021 dengan menyiapkan Pos Pengamanan Tangguh yang tersebar di berbagai titik.

Baca juga: Gagal Mudik, Operasional Dua Bandara di Jateng Batal

Saat ini Pos Pengamanan Tangguh di wilayah Kabupaten Boyolali yang sudah siap berada di rest area Bale Nglaras KM 487 jalur B, di Desa Gumukrejo, Kecamatan Teras.

“Tujuannya ini sebenarnya sebagai tindakan awal kita sesuai dengan arahan Kapolda Jawa Tengah, untuk menghambat terjadinya kegiatan mudik pada saat bulan puasa dan Lebaran,” ungkap AKBP Morry, saat meninjau pelaksanaan Pos Pengamanan Tangguh pada Kamis (15/4/ 2021).

Baca Juga :   Bupati Dukung Penuh Pembangunan Pondok Pesantren di KIT Batang

Baca juga:  Hindari Lonjakan Kasus Covid-19, Warga Jateng Diimbau Tidak Mudik

Menurutnya, pengamanan diawali dengan melaksanakan pemeriksaan tes swab antigen terhadap pengunjung dari luar yang memasuki wilayah Kabupaten Boyolali. Jika ditemukan ada yang positif, akan diminta memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat, dan dianjurkan putar balik atau pulang.

Untuk sementara, kata Kapolres, baru terdapat satu Pos Pengamanan Tangguh di Kabupaten Boyolali. Tetapi pihaknya akan terus menambah hingga ada tujuh pos.

“Begitu masuk Operasi Ketupat kita akan tambah jadi tujuh seluruhnya yang ada di Boyolali. Untuk di arteri ada, terutama nanti apabila kita memasuki operasi ketupat itu ada tiga (pos) di wilayah arteri, yang selebihnya empat (pos) di wilayah jalur tol,” terang Kapolres. (*)

Baca juga: Gagal Mudik, Operasional Dua Bandara di Jateng Batal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here