Jadi Andalan Menu Buka Puasa, Kolang Kaling Bagus untuk Kesehatan

Foto: Ilustrasi

Suryamedia.id – Kolang kaling, daging buah yang berasal dari pohon aren atau arenga pinnata ini memiliki popularitas tinggi sebagai bahan isian dessert seperti es camppur, es buah, kolak, dan manisan, khususnya di bulan Ramadan. Meski kolang kaling tak terlihat mewah, namun ternyata memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kolang kaling mengandung beragam nutrisi termasuk protein dan serat baik bagi tubuh. Melansir laman Alo Dokter, setidaknya dalam 100 gram kolang kaling terdapat 1,6 gram serat, 0,4 gram protein, 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,2 gram lemak, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal.

Kandungan nutrisi kolang-kaling tersebut memiliki sejumlah manfaat, diantaranya:

Baca juga: Mengandung Karbohidrat Kompleks, Kacang Merah Baik untuk Diet

Serat

Melansir lama Sehatq, kolang kaling lunak paling baik dijadikan sebagai makanan sumber serat karena mengandung serat sebanyak 14,03 persen.

Asupan serat dari kolang kaling akan membantu memperlancar pencernaan sehingga berpotensi mengurangi risiko kanker usus serta menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kegemukan.

Baca Juga :   Sering Begadang ? Ini Tips Menghilangkannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini