Peringati Hari Kartini dengan Lagu Bertema Perempuan

Foto: Ilustrasi/iStockphoto

Suryamedia.id – Sosok pahlawan RA Kartini dikenal sebagai tokoh pelopor kebangkitan perempuan yang berjuang dalam mencapai hak-hak sosial, termasuk tentang akses pendidikan bagi perempuan pada zamannya. Atas segala perjuangannya, tercetuslah Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April yang sekaligus menjadi hari kelahirannya.

Setelah 117 tahun kepergiannya, para perempuan di Indonesia masih meneruskan perjuangan Kartini. Yakni meraih persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan.

Nah, menyambut Hari Kartini yang sayangnya hanya bisa dirayakan dengan sederhana karena kondisi pandemi sepertinya mendengarkan lagu bertema perempuan bisa menjadi alternatif. Berikut sejumlah lagu yang mengandung tema perempuan:

Baca juga: DP3A Semarang Catat Ada 164 Kasus Kekerasan Pada Perempuan

Memang Kenapa Bila Aku Perempuan

Deretan pertama tentu lagu Memang Kenapa Bila Aku Perempuan yang dibawakan oleh penyanyi Melly Goeslaw bersama Gita Gutawa. Lagu ini menjadi lagu latar dari film Kartini dan diciptakan oleh Melly Goeslaw.

Lagu ini menceritakan perjuangan Kartini khususnya dalam meraih hak memperoleh pengetahuan serta mimpi-mimpi sebagai seorang perempuan yang ingin diraih. Sebab seperti diketahui dulu orang yang bisa mengakses pendidikan adalah orang yang memiliki kedudukan tinggi, sementara Kartini ingin mengubahnya. Wanita bukan hanya menjadi ‘konco wingking’ tetapi juga berhak mendapatkan dan memperjuangkan yang diinginkan sebagaimana laki-laki bisa mendapatkannya.

Baca Juga :   Berikut Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

 Wanita

Lagu yang dinyanyikan oleh grup band Endank Soekamti ini dapat menggamparkan sosok perempuan yang penuh rahasia.

Kalau dalam lagu ini perempuan diibaratkan seperti Samudra yang luas dan dalam. Banyak hal tersembunyi di dalam diri perempuan dan banyak misteri yang menanti untuk dimengerti.

Secara implisit, lagu ini memberikan gambaran bahwa perempuan pintar menyembunyikan perasaannya. Kalau dalam drama yang sering muncul sebagai meme di media sosial, kata ‘terserah’ yang terucap dari bibir seorang perempuan bisa bermakna banyak. Ada banyak emosi yang tidak diungkapkan.

Baca juga: Ajak Warga Disiplin Prokes, Bripka Muji Gunakan Sarana Lagu

Karena Wanita Ingin Dimengerti

Lagu ini tentu taka sing, khususnya para generasi 90. Lagu ini dibawakan oleh Ada Band dan liriknya juga ditulis oleh anggota band tersebut.

Lagu ini menggambarkan kekaguman laki-laki terhadap sosok perempuan. Perempuan sebagai sosok anggun yang harus dilindungi dan dimengerti melalui kalimat lembut dan patut menerima kasih sayang. (*)

Baca juga: Seniman Jateng Dapat PR Uji Coba Prokes Manggung

Baca Juga :   13 Tutorial Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Harus dicoba

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “3 Lagu Indonesia yang Menggambarkan Sosok Perempuan“.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here