Mengapa Tak Bisa Bau Cium Bau Badan Sendiri?

Foto: Ilustrasi/iStockphoto.com/Giulio Fornasar

Suryamedia.id – Indra penciuman seseorang bisa jadi sensitif atau sulit mencium bau. Sedangkan setiap individu mempunyai aroma tubuh khas masing-masing. Meski demikian ada sebagian orang yang tidak bisa mengenali atau mencium bau tubuhnya sendiri.

Melansir laman Klik Dokter, jurnal Nature mengungkapkan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk mencium hingga 1 triliun jenis bau di dunia.

Olfactory fatigue

Seorang psikolog bernama Pamela Dalton dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia menyebutkan bahwa ketidakmampuan hidung mendeteksi bau badan sendiri dikenal dengan sebutan olfactory fatigue. Yaitu indra penciuman yang telah terbiasa mengenali bau tertentu yang menyebabkan reseptor hidung lelah hingga berhenti mendeteksi bau tersebut.

Ketika mencium bau tertentu untuk pertama kalinya, reseptor bau di hidung akan mengirimkan sinyal ke otak dan menentukan apakah bau ini termasuk bau yang wangi atau tidak enak.

Saat bau sudah terdeteksi, maka otak akan terbiasa menerima sinyal bau tersebut, terlebih jika setiap hari ada bau yang sama. Saking sudah terbiasanya, otak akan menganggapnya sebagai “informasi” yang tidak penting lagi.

Baca juga: Tiga Cara Ampuh Hilangkan Bau Amis Telur

Benda di sekitar merefleksikan bau tubuh

Contoh kasusnya adalah ketika menyemprotkan parfum ke tubuh atau pakaian. Jika seseorang hanya menggunakan satu jenis parfum dan tidak pernah berganti, maka dapat dipastikan indra penciuman sudah sangat mengenal bau tersebut dan berkemungkinan sudah susah mencium aroma yang menyengat dari parfum tersebut.

Berbeda dengan orang yang sering gonta ganti parfum, reseptor hidung dan otak akan berusaha untuk mengenali bau-bau terbaru dari parfum yang disemprotkan ke tubuh.

Meski ada kemungkinan tidak bisa mencium bau badan sendiri, rupanya masih ada cara untuk bisa mengetahuinya/ yakni dengan perantara media lain. Jika pakaian yang sedang dipakai mengeluarkan bau tak sedap, maka bau tubuh pun demikian.

Bau tubuh juga bisa ditemukan pada benda-benda lain yang sering digunakan. Jadi, jika benda itu harum, kemungkinan besar, tubuh pemiliknya juga harum, dan sebaliknya. (*)

Baca juga: Berbagai Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Olfactory Fatigue, Kondisi Tak Bisa Kenali Bau Tubuh Sendiri“.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here