Menjaga Kelembapan Kulit Meski di Ruang Ber-AC

Foto: Ilustrasi/Pixabay.com

Suryamedia.id – Suhu dingin yang dikeluarkan oleh air conditioner atau AC memang terasa sejuk, sayangnya angin dingin yang bersumber dari pendingin ruangan tersebut dapat mengurangi kelembapan kulit sehingga membuatnya kering lebih cepat kering, kusam, gatal, hingga menimbulkan iritasi.

Oleh sebab itu untuk mencegah dan menjaga kelembapan kulit meskipun berada di dalam ruangan ber-AC perlu melakukan trik berikut ini:

Baca juga: Cara Atasi Kulit Tangan Kering, Lakukan Hal Ini

Gunakan pelembab

Pelembap sudah sepatutnya menjadi andalan ketika lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan berpendingin. Produk pelembap kulit bekerja dengan memperlambat hilangnya air alami dari kulit.

Memilih produk pelembap yang tepat dapat membantu menjaga kulit agar tidak kering. Semakin berminyak hasil penggunaan pelembap pada kulit maka semakin bagus pelembap tersebut.

Sedangkan untuk perawatan wajah, gunakan pelembap yang bebas minyak agar tidak membuat pori-pori wajah tersumbat.

Sementara untuk mengurangi bibir kering, gunakan juga pelembap bibir atau lip balm. Pilihlah produk yang mengandung petroleum jelly yang membantu melapisi kulit dengan pelindung air sehingga memberikan kelembapan bibir dengan baik.

Baca Juga :   Boleh Sahur Pakai Mi Instan Asalkan Ditambah Bahan Ini

Hidrasi tubuh

Memenuhi asupan cairan tubuh menjadi kebutuhan paling penting saat berada di ruangan ber-AC. Sebab kondisi suhu ruang yang dingin mengurangi keinginan untuk minum yang membuat cairan tubuh berkurang.

Tubuh yang tidak memiliki asupan cairan yang cukup juga dapat memicu kulit bersisik dan kering.

Baca juga: Sariawan Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Konsumsi buah dan sayur

Pilihllah buah dan sayur yang punya kandungan air berlebih. Buah dan sayur akan membantu menjaga kelembapan kulit karena membantu memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin

Selain produk pelembap, asupan vitamin C dan E juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu menutrisi kulit, sedangkan kandungan antioksidannya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C juga mengandung antioksidan yang bagus sebagai pelindung kulit, serta mampu memproduksi kolagen sehingga memberikan nutrisi yang bagi kesehatan kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dapat meningkatkan banyak faktor kesehatan kulit, termasuk menghidrasi kulit sehingga mencegah kulit menjadi kering. (*)

Baca Juga :   Makanan Ini Bisa Perparah Kram Perut Saat Haid

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan Kulit Wajah

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Mencegah Kulit Kering Karena Terlalu Lama di Ruang Ber-AC‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here