Meski Ada Kelonggaran, MUI Ajak Warga Salat Ied di Rumah Saja

Foto: Ilustrasi/Republika

Suryamedia.id – Kementerian Agama telah mengeluarkan kebijakan boleh melakukan salat tarawih dan salat Idulfitri di masjid. Akan tetapi Sekjen Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Amirsyah Tambunan mengimbau umat Islam melaksanakan salat Ied di rumah saja.

Hal tersebut disampaikan lantaran kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum aman. Apalagi di sejumlah daerah angka kasus ada yang meningkat.

Sekjen Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Amirsyah Tambunan mengimbau umat Islam untuk bijak memutuskan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah yaitu tetap di rumah saja. Hal itu disebabkan pandemi Covid-19 belum terkendali.

Baca juga: Larangan Mudik, Pengguna Jalan Luar Jateng Dites Antigen

Amirsyah menerangkan, walaupun pemerintah telah mengizinkan ibadah berjamaah di masjid secara terbatas di bukan zona merah Covid-19, tetapi sebaiknya tetap beribadah di rumah.

“Salat Idulfitri ini karena akan menimbulkan kerumunan, akan menimbulkan kelompok masyarakat yang berbondong-bondong menuju lapangan,” tutur Amirsyah dalam siaran pers Satgas Covid-19, di Jakarta, Jumat (23/4/ 2021).

“Maka kita utamakan untuk salat di rumah saja bersama keluarga, terutama di daerah yang sudah dinyatakan masih zona merah,” jelasnya.

Baca Juga :   BKN Tetapkan Skema Prosedur Pelaksanaan Seleksi ASN 2021

Ia juga meminta masyarakat tidak mudik Lebaran dan lebih memilih silahturahmi secara virtual yang lebih efisien serta aman terhindar Covid-19.

“Silaturahmi itu mudah dilakukan dengan biaya yang ringan, waktu yang efisien, tidak bermacet-macetan, bisa dengan silaturahmi lewat virtual. Misalnya lewat zoom,” sambungnya.

Amirsyah meyakini bahwa masyarakat mampu melakukan segala aturan pembatasan Covid-19 ini. “Insyaallah saya yakin, saya optimis tentu dengan penuh ikhtiar bahwa Ramadan dapat kita jadikan momentum untuk menurunkan penyebaran Covid-19,” tuturnya. (*)

Baca juga: Kemenag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Ibadah di Bulan Puasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here