Hal-Hal yang Perlu Diketahui Seputar Zakat Fitrah

Foto: Ilustrasi/Pixabay.com

Suryamedia.id – Salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh penganut agama Islam adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh muslim baik perempuan dan laki-laki, orang dewasa, anak-anak, pun bayi yang baru lahir.

Zakat fitrah merupakan amalan untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadan. Selain itu, zakat fitrah juga bisa dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang uang kurang mampu. Bahwa di hari raya Idulfitri mereka juga bisa merasakan kebahagiaan.

Adapun orang-orang yang berhak menerima zakat dijelaskan dalam Quran surat At-Taubah ayat 60.

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya zakat itu diperuntukkan bagi orang-orang fakir, orang miskin, pengelola zakat (amil), orang yang dibujuk hatinya (muallaf), dalam memerdekakan budak, orang yang memiliki utang, dan perjuangan di jalan Allah dan ibnu sabil. Demikianlah ketentuan dari Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana” (QS Al-Taubah: 60).

Baca juga: Kurangi Angka Kemiskinan, Pemkab Blora Wajibkan ASN Zakat dari Gaji Pokok

Kapan harus menunaikan zakat fitrah

Zakat fitrah dibayarkan sejak awal bulan Ramadan dan maksimal sebelum salat Idulfitri. hal ini mengacu pada sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

“Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas oaring muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wamita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Doa Kamilin, Penutup Ibadah Salat Tarawih

Besaran zakat

Besaran zakat fitrah yang dikeluarkan adalah 2,5 kilogram makanan pokok. Di Indonesia, umumnya menggunakan beras.

Meski demikian, zakat berupa uang juga diperbolehkan. Yakni dengan perhitungan uang setara harga beras berkualitas bagus dengan berat 2,5 kg. (*)

Baca juga: Dianjurkan Berdoa Saat Ramadan, Berikut 3 Waktu Mustajabnya

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Penerima, Waktu, dan Besaran Zakat Fitrah“.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here