Tiba-Tiba Pusing Saat Bangun Tidur, Ini Penyebabnya

Foto: Ilustrasi

Suryamedia.id – Kadang seseorang merasakan pusing begitu bangun tidur. Tak jarang saat itu pula kepala terasa melayang dan saat berdiri merasa goyah. Meskipun kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya, namun perlu juga diwaspadai. Sebab rasa pusing itu bisa saja terjadi karena kondisi kesehatan yang sedang tidak bagus.

Keluhan rasa pusing ketika baru saja bangun tidur itu dapat disebabkan oleh sejumlah faktor:

Bangun secara tiba-tiba

Perubahan gerak yang tiba-tiba dari posisi telentang ke posisi duduk bisa menyebabkan pusing secara tiba-tiba. Hal ini merupakan respons yang diberikan tubuh karena gerakan yang terlalu tiba-tiba.

Oleh sebab itu disarankan agar memberikan jeda ketika bangun dari tidur sebelum duduk atau beranjak dari tempat tidur untuk menghindari rasa pusing.

Baca juga: Segarnya Air Dingin dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Dehidrasi

Kekurangan cairan pada tubuh dapat menyebabkan pusing saat bangun tidur. Kondisi dehidrasi ini bisa disebabkan karena ruangan tidur bersuhu panas atau hipertemia. Kurang minum air putih serta terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein serta alkohol sebelum tidur juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Gula darah rendah

Merasa pusing ketika bangun tidur juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh memiliki kadar gula darah rendah atau hipoglikemia. Kondisi ini biasanya dialami oleh penderita diabetes yang mengonsumsi obat antidiabetes seperti insulin.

Insomnia

Orang yang kurang tidur karena mengalami insomnia berpotensi mengalami pusing ketika bangun tidur. Sebab kurang tidur akan meningkatkan hormone kortisol yang menyebabkan stres dan dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung.

Selain itu kurang tidur juga membuat hormone tiroid naik dan menyebabkan tekanan darah meningkat dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung. Kondisi ini akan membuat otot jantung bekerja lebih keras dan membuat respons berantai yang menyebabkan pusing ketika bangun tidur.

Tidur pada satu posisi

Orang yang tidak banyak bergerak ketika tidur kadang akan mengalami pusing serta rasa pegal pada bahu. Hal ini karena penekanan di area kepala terjadi secara intens dan berjam-jam.

Untuk menghindari kondisi tidak menyenangkan ini ada baiknya membiasakan diri untuk berganti posisi atau mengawali posisi tidur dengan telentang. Hal ini untuk melancarkan sirkulasi darah dan tidak tertahan akibat penekanan di satu sisi saja. (*)

Baca juga: Sunah-Sunah Sebelum Tidur dalam Islam

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Kenali Penyebab Pusing Ketika Bangun Tidur”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here