Baik untuk Pencernaan, Berikut Manfaat Bawang Bombai

Baik untuk Pencernaan, Berikut Manfaat Bawang Bombai
Foto: ilustrasi/Pixabay.com/Erbs55

Suryamedia.com – Sebagai bumbu dapur, bawang bombai kerap digunakan dalam masakan tumis. Atau bahkan sebagai camilan seperti onion ring.

Selain membuat makanan memiliki cita rasa sedap, bawang bombai memiliki berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Diantaranya karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin C, asam folat, hingga beragam antioksidan.

Melansir Hello Sehat, mengonsumsi bawang bombai memiliki dampak positif pada tubuh:

Baik untuk kesehatan jantung

Bambang bombai memiliki kandungan kalium yang memberikan efek penurun tekanan darah. Selain itu, flovanoid dalam bombai dapat membantu kalim menjaga tekanan darah normal dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca juga:Khasiat Binahong, Baik bagi Jantung

Manfaat Bawang Bombai Menjaga fungsi pencernaan

Kandungan serat dalam bombai membuat kerja sistem pencernaan berfungsi dengan lebih baik. Terlebih, bawang bombai mengandung jenis serat larut, oligofructose.

Serat oligofructose dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus sehingga baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

Menguatkan kekebalan tubuh

Polifenol pada bawang bombai menjadi antioksidan yang berfungsi sebagai penguat sistem imunitas tubuh. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

Selain itu, quercetin pada bawang juga dapat membantu mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin, yang membuat tubuh berhenti bersin atau gatal-gatal.

Baca juga: Tembus di Celana Saat Haid, Ini Cara Bersihkan Noda Darah

Menjaga kadar gula darah

Sebuah penelitian mengungkapkan penderita diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi bawang bombai mentah sekitar 100 gram per hari mengalami perbaikan kadar gula darah.

Manfaat Bawang Bombai Meminimalisir risiko kanker

Bawang bombai merupakan kelompok sayuran allium yang dapat mencegah kanker terutama kanker perut dan kanker kolorektal atau usus besar. Hal ini karena kandungan senyawa organosulfur di dalam bawang bombai.

Organosulfur dapat menghambat pertumbuhan sel kanker serta mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh. (*)

Baca juga: Mengandung Karbohidrat Kompleks, Kacang Merah Baik untuk Diet

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Bawang Bombai dan Manfaatnya Bagi Kesehatan”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here