Siklon Tropis Berpotensi Timbulkan Bencana Hidrometereologi

Foto: Ilustrasi Siklon Tropis/bmkg.go.id

Suryamedia.id – Munculnya bibit siklon tropis diperkirakan bisa memicu hujan sedang hingga deras dan banjir di sejumlah provinsi.

Bibit tersebut ditemukan di sekitar Samudera Pasifik barat daya sebelah timur-tenggara Filipina. Kecepatan angin di daerah tersebut mencapai 30 knot dan tekanan udara minimum 1004 hPa.

Guswanto, Deputi Bidang Metereologi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan pertumbuhan bibit siklon tropis itu terdeteksi pada Minggu (30/5/2021) pukul 07.00 WIB.

“Hal ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung,” ungkapnya, Senin (31/5/2021).

Baca juga: Pemprov Bantu Penanganan Covid-19 di Kudus

Menurut Guswanto, satelit cuaca Himawari-8 mengidentifikasi aktivitas awan konvektif yang signifikan di sekitar Sistem 04W.

“Pergerakan Sistem 04W menunjukkan ke arah Barat hingga Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis,” kata Guswanto.

Selain itu, BMKG juga mendeteksi adanya pelambatan dan belokan angin di beberapa wilayah Indonesia. Hal ini memicu pembentukan potensi awan hujan yang mengakibatkan timbulnya potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat di sejumlah wilayah.

Berdasarkan analisis BMKG terhadap dinamika atmosfer laut, terdapat aktifitas Gelombang Kelvin yang cukup aktif di sekitar kawasan Sumatera, Kalimantan, Sulawesu, dan bagian utara Papua.

“Sedangkan Gelombang Rossby Ekuatorial cukup aktif di sekitar wilayah Jawa dan Samudera Pasifik sebelah timur Filipina,” jelas Guswanto.

Baca juga: Pasien Covid-19 Kudus Dirujuk ke Rumah Sakit Pati

Merujuk pada fenomena atmosfer tersebut, BMKG memprediksi potensi hujan sedang-lebat pada 31 Mei-1 Juni di sejumlah wilayah.

Yakni, DKI Jakarta; Jawa Barat; Jawa tengah; Jawa Timur; Aceh; Sumatera Barat dan Selatan; Jambi; Bengkulu; Kepulauan Bangka Belitung; Sulawesi Tengah, Barat, dan Selatan; Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara, pada 2-4 Juni, potensi hujan sedang-lebat dapat terjadi di sejumlah daerah antara lain, Banten; Kalimantan Barat, Tengah, Utara, dan Timur; Sulawesi Utara; Aceh; Sumatra Utara dan Barat, Kepulauan Riau;

Selain itu, Jambi; Bengkulu; Lampung; Sulawesi Tengah, Barat, dan Selatan; Maluku Utara dan Maluku; serta Papua Barat dan Papua.

Pada 5-7 Mei, sejumlah daerah juga mengalami intensitas hujan sedang-lebat seperti, Aceh; Kepulauan Riau; Bengkulu; Kalimantan Barat dan Utara; Sulawesi Utara, Tengah, Barat, Selatan, dan Tenggara; Maluku Utara dan Maluku; serta Papua Barat dan Papua. (*)

Baca juga: Polda Jateng Siaga Bantu Penanganan Covid-19 di Kudus

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul “BMKG Deteksi Siklon Tropis, 8 Provinsi Potensi Banjir Bandang”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here