Alokasi PPPK Dominasi Lowongan CPNS 2021 di Jateng

Foto: Ilustrasi tes CPNS

Semarang, Suryamedia.id – Provinsi Jawa Tengah dapat alokasi sebanyak 11.648 lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021.

Jumlah tersebut dengan posisi paling banyak diperuntukkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 11.347 lowongan. Sedangkan, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hanya 301 lowongan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah ( BKD) Jawa Tengah Wisnu Zaroh memaparkan, dari total lowongan CASN 2021, lowongan untuk PPPK tenaga guru paling banyak. Total lowongan PPPK untuk guru mencapai 10.819 lowongan, kemudian PPPK tenaga kesehatan 525 lowongan, dan terakhir untuk PPPK tenaga teknis sejumlah tiga lowongan.

“Tahun ini perbandingannya jauh sekali, untuk tenaga P3K itu hampir 96 persen. Kalau untuk CPNS itu, tahun ini tersedia 291 (lowongan) untuk tenaga teknis. Sementara untuk tenaga kesehatan 10 (lowongan),” ujarnya, Rabu (2/6/ 2021).

Perekrutan PPPK yang lebih banyak, menurutnya, sesuai dengan kebijakan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Namun ke depan, diharapkan rasio perbandingannya adalah 70 persen untuk PPPK, 30 persen untuk PNS.

Baca Juga :   Bus Vaksinasi Jateng Akan Sasar Daerah dengan Tingkat Vaksin Rendah

Wisnu mengatakan, dalam sistem penerimaan CASN 2021 dilakukan dengan ujian. Hal itu berlaku baik untuk lowongan CPNS ataupun PPPK. Namun, untuk lowongan PPPK tidak ada pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD.

Baca juga: Peserta Latsar CPNS Ditawari Magang Bareng Gubernur Jateng

skema perekrutan PPPK langsung menggunakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Semua tahapan, mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan ujian dan pemberkasan dilakukan online.

Mereka yang ikut dalam seleksi PPPK adalah mereka para profesional yang telah memunyai kemampuan kerja sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini