Manfaat Daun Mint, Cara Alami Atasi Bau Mulut

Foto: Ilustrasi

Suryamedia.id – Daun mint atau juga peppermint kerap ditemukan pada berbagai produk perawatan tubuh, produk minuman, sebagai campuran masakan, dan minyak esensial.

Daun mint merupakan salah satu jenis herba yang memiliki berbagai kandungan nutrisi. Daun berwarna hijau dan bergerigi di bagian pinggirannya ini merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Serta kaya antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Melansir laman Hello Sehat, berikut potensi manfaat daun mint bagi kesehatan berdasarkan kandungan nutrisinya:

Meredakan sakit kepala

Minyak esensial yang terbuat dari ekstrak daun mint bisa menjadi pilihan alternatif untuk meredakan sakit kepala. Dalam studi oleh Heinze dan peneliti dari Berlin pada tahun 2016 menunjukkan bawah minyak esensial daun mint memiliki khasiat yang sama dengan asam asetilsalisilat atau paracetamol dalam meredakan sakit kepala karena tegang.

Minyak esensial dari daun mint juga bisa menjadi terapi untuk mengatasi sakit kepala akut pada orang dewasa dan anak- anak diatas 6 tahun.

Baca juga: Manfaat Daun Kucai, Tingkatkan Daya Ingat hingga Cegah Osteoporosis

Baca Juga :   13 Cara Mengecilkan Paha Dan Betis Yang Wajib Kamu Coba

Mengatasi bau mulut

Tak sedikit produk obat kumur, pasta gigi, hingga penyegar mulut yang memanfaatkan daun mint sebagai salah satu bahan utamanya. Daun mint memiliki efek segar pada mulut dan pernapasan dan dapat menutupi bau mulut dalam beberapa jam.

Selain dalam bentuk produk jadi, kamu juga bisa mengunyah daun mint secara langsung atau membuat rebusan the dari daun mint untuk mengatasi bau mulut.

Meredakan gejala PMS

Premenstrual syndrome atau PMS merupakan kondisi yang cukup mengganggu bagi kamu hawa. Kabar baiknya daun mint bisa membantu mengurangi gejala-gejala PMS seperti kram perut.

Berdasarkan jurnal Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, peppermint bisa membantu meredakan kejang otot pada usus besar yang bisa membantu meredakan kram saat menstruasi.

Minum the atau ekstrak daun mint selama 3 hari sejak awal menstruasi dipercaya lebih ampuh mencegah gejala PMS, serta mengurangi frekuensi kram perut.

Baca juga: Sejuta Manfaat Kulit Buah Naga

Membantu tidur lebih nyenyak

Minyak esensial daun mint selain dapat meredakan sakit kepala juga bisa mengurangi kecemasan dan stress. Hal ini berdampak juga pada kualitas tidur.

Baca Juga :   Aktivitas yang Perlu Dihindari Usai Olahraga

Menghirup oroma minyak esensial daun mint dipercaya memberikan efek yang positif bagi fungsi otak. Minyak esensial peppermint dapat mengaktifkan reseptor GBA atau asam gamma-aminobutirat. Reseptor GABA bertugas menghambat sinyal otak tertentu, seperti mengurangi perasaan negatif.

Selain dalam bentuk minyak esensial, mengonsumsi the daun mint sebelum tidur juga dipercaya dapat merilekskan otak sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak. (*)

Baca juga: Berbagai Kuliner Sate di Nusantara

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Daun Mint, Bisa Redakan Sakit Kepala Hingga PMS”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here