Vaksinasi Kelompok Pralansia di Solo Dimulai 7 Juni Mendatang

Foto: Ilustrasi

Solo, Suryamedia.id – Pemerintah Kota Surakarta kini memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 untuk kelompok pralansia. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih.

“Sasaran pemberian vaksin Covid-19 diperluas ke kelompok pralansia, dimulai usia 50 tahun ke atas. Kebijakan diambil karena kelompok tersebut merupakan kelompok rentan,” ujar Siti melansir Antara Jateng, Sabtu (5/6/ 2021).

Pelaksanaan vaksinasi pralansia akan dilakukan pada tanggal 7-17 Juni 2021. Meski demikian vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia masih tetap dilakukan.

“Ada dua skenario yang kami siapkan untuk mempercepat capaian vaksin lansia, salah satunya adalah pemberian vaksin untuk kelompok pralansia itu, yaitu di usia 50-60 tahun,” katanya.

Baca juga: Antisipasi Kasus Covid-19 Naik, Wisata di Jepara Tutup Total

Sedangkan untuk skenario kedua, dikatakannya, Pemkot Surakarta akan memberikan penghargaan kepada si pengantar lansia berupa pemberian vaksin Covid-19.

“Jika ada yang mengantar dua lansia untuk mengikuti vaksin maka pengantar ini bisa dapat vaksin juga, bisa dari saudara atau kader kesehatan,” katanya.

Baca Juga :   Muncul Klaster Covid-19 di Banyuwangi

Berdasarkan data hingga 3 Juni 2021 Pemkot Surakarta telah memvaksin sebanyak 42.149 warga dari kategori lansia.

“Kalau targetnya sebanyak 49.983 orang, saat ini capaiannya masih 84,33 persen. Program ini didorong agar capaian vaksinasi untuk kategori lansia segera tercapai. Untuk program ini, masyarakat bisa mengaksesnya melalui website linktr.ee/daftarvaksinsurakarta,” katanya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berharap program percepatan vaksinasi itu bisa dimanfaatkan warga yang tidak termasuk kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19.

“Kami kira antusiasme untuk pendaftaran vaksin bagi pra lansia juga akan lebih banyak,” katanya. (*)

Baca juga:Rekrutmen Guru PPPK di Temanggung Terancam Batal 

Artikel ini telah tayang di Antara Jateng dengan judul “Pemerintah Surakarta segera mulai vaksinasi untuk kelompok pralansia”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here