Kencur, Herbal Ampuh Redakan Batuk Secara Alami

Foto: Ilustrasi/istockphoto

Suryamedia.id – Saat musim pancaroba atau peralihan, kondisi tubuh cenderung lebih rentan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang kerap dialami saat musim peralihan adalah gangguan pernapasan seperti batuk.

Batuk merupakan penyakit ringan, namun tetap membuat penderitanya tidak nyaman karena efek gatal pada tenggorokan biasanya juga dirasakan saat batuk.

Biasanya batuk bisa cepat reda dengan mengonsumsi obat yang dijual di apotek. Namun, mengatasi tenggorokan gatal dan batuk juga bisa menggunakan bahan alami. Bahan rempah dapur, kencur, dipercaya dapat meredakan batuk.

Tanaman yang sering menjadi bahan pembuatan jamu ini dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit yang menyebabkan peradangan seperti rematik, diare, serta infeksi tenggorokan.

Baca Juga :   Kerusakan Mata Hingga Depresi Akibat Main HP 

Baca juga: Berbagai Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan

Kandungan polifenol pada kencur dapat melawan peradangan oksidatif di dalam tubuh. Serta mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

Kencur juga memiliki kandungan propolis yang berkhasiat meredakan peradakan serta menekan perkembangan patogen yang menginfeksi saluran pernapasan.

Ada beberapa cara mengonsumsi rempah kencur sebagai obat herbal untuk meredakan batuk, berikut ulasannya berdasarkan laman Hello Sehat:

Mengunyah kencur

Jika tidak mau terlalu repot, mengonsumsi kencur secara langsung untuk Pereda batuk adalah pilihan paling efektif.

Ambil 2 hingga 3 siung kencur lalu bersihkan dan kupas kulitnya. Setelah itu kunyah kencur hingga halus tanpa perlu ditelan. Sensasi hangat yang dihasilkan dari kencur akan dirasakan hingga ke tenggorokan. Cara ini dapat meredakan batuk secara bertahap dengan konsumsi yang tidak berlebihan.

Baca Juga :   Baik untuk Pencernaan, Berikut Manfaat Bawang Bombai

Teh kencur

Bagi sebagian orang mengunyah kencur secara langsung mungkin akan terasa terlalu kuat dan menyengat. Namun kamu bisa mengakalinya dengan membuat air rebusan kencur.

Gunakan 3 sampai 5 siung kencur yang sudah dibersihkan, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu tambahkan air hangat dan saring larutan kencur. Meminum air perasan kencur dapat mengurangi batuk secara bertahap.

Campuran kencur dan jahe

Untuk menghilangkan rasa getir kencur, kamu juga bisa menambahkan jahe sebagai obat batuk. Tumbuk beberapa suing kencur dan jahe, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga hanya tersisa satu gelas air saja. Setelah disaring, konsumsi rebusan kencur dan jahe selagi masih dalam keadaan hangat. Kamu juga bisa menambahkan gula atau madu untuk menambahkan rasa manis. (*)

Baca Juga :   Makanan Ini Bisa Sebabkan Keracunan

Baca juga: Manfaat Daun Mint, Cara Alami Atasi Bau Mulut

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Redakan Batuk dengan Konsumsi Rempah Kencur”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here