Cegah Persebaran Covid-19, Pasar di Demak Diperketat

CEGAH PERSEBARAN COVID-19, PASAR DI DEMAK DIPERKETAT
Foto: Iskandar Zulkarnain, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak/ Mitrapost.com/ Muhamad Kafi

Demak, Suryamedia.id – Virus Covid-19 di Kabupaten Demak meningkat dengan pesat. Hal ini menyebabkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Demak terus berupaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan gerakan 1 hari di rumah saja. Hal ini di sampaikan oleh Iskandar Zulkarnain, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DINDAGKOP UKM).

Ia menambahkan mulai tanggal 15-28 Juni, akan dilakukan pembatasan jam operasional di pasar, mulai dari pukul 05.00-14.00 WIB. Dengan penerapan tersebut, kegiatan di pasar akan diliburkan sekali dalam seminggu.

Baca Juga: Covid-19 di Rembang Meningkat, Ketersediaan Nakes Masih Mencukupi

“Mencegah penyebaran Covid-19, maka di lakukan pengketatan di pasar. Dengan mengurangi jam operasional pasar mulai jam 05.00 sampai 14.00 dan 1 minggu libur sekali, kita tempatkan hari minggu,” jelasnya

Penempatan di hari Minggu untuk mendukung gerakan 1 hari di rumah saja, serta akan dilakukan penyemprotan disinfektan di area pasar.

Ia juga mengatakan, 3 hari sebelum diberlakukan, sudah ada sosialisasi kepada para pedagang dan masyarakat.

Baca Juga :   News Grafis : RSUD RAA Soewondo Pati Overload

Baca Juga: Ganjar Minta Dukungan Masyarakat dalam Penanganan Covid-19 di Zona Merah

Serta akan diberlakukan pembatasan keluar masuk di pintu pasar, yang akan diawasi oleh petugas. Kecuali pasar yang terbuka, seperti di pasar gajah dan pasar sayung.

“Pada prinsipnya 1 pintu masuk dan 1 pintu keluar. Namun tidak semua pasar tertutup, katakanlah pasar gajah, di kelilingi perkampungan. Jadi mau di tutup, nanti kampungnya juga ke tutup. Nanti dari petugas kami akan mengawasi,” imbuhnya

Penetapan peliburan ini, merupakan yang pertama dilakukan di pasar yang ada di kabupaten Demak. Dimana sebelumnya, hanya dilakukan pembatasan jam operasional dan keluar masuk jadi satu di pintu pasar. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Tekan Kasus Covid-19 di Demak, DISDAGKOP UKM Perketat Pasar”

Baca Juga: Puluhan Nakes di Pati Terpapar Covid-19 Klaster Keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here