Tubuh Kurang Vitamin, Kenali Tanda Berikut

Lifestyle1 Dilihat

Suryamedia.id – Vitamin menjadi salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya untuk menjaga kesehatan mata, memproduksi kolagen, dan lain sebagainya.

Asupan vitamin bisa didapatkan dari makanan sehari- hari, atau dengan penambahan suplemen tambahan. Serta dengan menjalani pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang.

Kekurangan vitamin akan memberikan dampak yang kurang baik untuk tubuh. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan organ lainnya.

Baca Juga: Lemon Tea, Minuman Nikmat Kaya Manfaat

Adapun tanda bahwa tubuh kekurangan asupan vitamin diantaranya adalah kulit kering. Hal ini disebabkan karena kurangnya komponen omega-3 dalam tubuh.

Dimana komponen ini penting sebagai perlindungan tubuh dari sinar matahari, memberikan kelembapan pada kulit, serta mencegah keriput.

Sehingga, untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh, dapat mengonsumsi bahan yang mengandung omega-3, diantaranya adalah kacang walnut dan juga alpukat.

Hal lain yang menandakan bahwa tubuh kekurangan vitamin adalah munculnya lebam di bagian tubuh tertentu.

Baca Juga: Baik untuk Pencernaan, Berikut Manfaat Bawang Bombai

Baca Juga :   Mengenal Duck Syndrome yang Banyak Dialami Manusia

Lebam di tubuh muncul ketika tubuh kekurangan vitamin K yang berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah.

Kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan mimisan, gusi berdarah, serta menstruasi yang lebih banyak.

Tanda lain dari kekurangan vitamin juga dapat menyebabkan kaku pada sendi, yang menandakan bahwa tubuh kekurangan vitamin D.

Vitamin D berfungsi untuk penyerapan kalsium bagi kesehatan tulang dan juga sendi. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi asupan vitamin D.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan yang Baik untuk Kucing Kampung

Diantaranya dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Serta bisa dipenuhi dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti kuning telur dan salmon.

Faktor lain yang mendandakan kurangnya asupan vitamin di tubuh adalah, kuku yang rapuh serta kering. Dikarenakan kurangnya vitamin B7 atau biotin.

Biotin berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi bagi tubuh. Kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan kelelahan, nyeri otot, kram, dan juga kesemutan.

Artikel ini telah tayang di klikdokter dengan judul “Dari Kedutan Hingga Lebam, Ini Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin”

Baca Juga :   8 Tips Menambah Berat Badan di Jamin Ampuh

Baca Juga: Hangatkan Tubuh saat Hujan dengan Minuman Rempah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *