Persyaratan NUPTK Masih Rumit

PERSYARATAN NUPTK MASIH RUMIT
Foto: Disdikbud Kabupaten Pati/ Mitrapost.com/ Singgih Nugraha

Pati, Suryamedia.id – Persyaratan untuk mendapatkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK) di Kabupaten Pati masih dinilai rumit oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud) Kabupaten Pati.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) – Sekolah Dasar (SD), Solichul Hadi, persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) Republik Indonesia dalam Ketentuan Persesjen Kemdikbud No. 1 Tahun 2018 perlu proses yang amat panjang.

Baca Juga: Pengelola Objek Wisata di Pati Berharap Adanya Bantuan Pemerintah

Di dalam peraturan tersebut Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) atau guru pengusul minimal harus memiliki SK angkatan selama 2 (dua) tahun berturut-turut pada instansi pendidikan yang ditempati.

“Untuk melangkah ke tahap NUPTK butuh waktu dan regulasi yang panjang. Karena batas minimal harus mengabdi selama dua tahun di sekolah tersebut,” imbuh Hadi kepada Mitrapost.com, (22/6/ 2021)

Hadi menjelaskan bahwa GTK dapat memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar, dan valid di dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Baca Juga :   PPKM Darurat, Kasus Covid-19 di Pati Menurun

Setelah melalui verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Kemendikbud. Bagi GTK yang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistematik untuk dilengkapi dokumen-dokumen sesuai persyaratan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini