Penyintas Covid-19 Diharap Proaktif Donor Plasma Konvalesen

PENYINTAS COVID-19 DIHARAP PROAKTIF DONOR PLASMA KONVALESEN
Foto: Donor Plasma Konvalesen/ Jatengprov.go.id

 

 

Semarang, Suryamedia.idWali kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen.

Berbagai cara untuk menekan laju pertumbuhan Covid-19 telah dilakukan, diantaranya adalah Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Dalam PKM juga dilakukan penutupan tempat hiburan, tempat wisata, hingga beberapa ruas jalan yang ada di kota Semarang.

Baca Juga: Puluhan Warga Kudus Dinyatakan Negatif Covid-19 Usai Karantina Terpusat di Boyolali

Namun, hingga kini kasus Covid-19 belum juga usai. Bahkan, mengalami laju pertumbuhan yang cukup tinggi di beberapa wilayah.

Oleh karena itu, untuk membantu pasien Covid-19, Hendi sapaan akrab wali kota Semarang tersebut, mengajak masyarakat untuk mendonorkan plasma darah konvalesen.

Dimana plasma konvalesen menjadi salah satu pengobatan bagi pasien Covid-19, serta sebagai langkah konkrit penanganan virus ini.

Sehingga Hendi meminta warga yang telah sembuh dari Covid-19 dan memenuhi syarat, agar dapat mendonorkan plasma konvalesen.

Baca Juga: Covid-19 Varian Delta Ditemukan Paling Banyak di Jawa Tengah

“Untuk itu, Saya mengajak sedulur-sedulur warga Kota Semarang khususnya yang telah sembuh dari Covid-19 atau penyintas secara proaktif untuk mendonorkan darah plasma konvalesennya guna membantu saudara-saudara kita yang saat ini sedang dirawat akibat terpapar Covid-19,” ujar Hendi.

Baca Juga :   Tekan Angka Covid-19, Layanan Dindukcapil Demak Beralih Online

Namun sayangnya, tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma. Diantaranya karena memiliki komorbid, atau tidak berani untuk melakukan donor.

“Kita tidak pernah tahu, darah yang Anda sumbangkan dapat memberi seseorang kesempatan lain dalam hidup,” pungkas Hendi.

Selain itu, wali kota Semarang tersebut juga meminta masyarakatnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mengingat pandemi belum berakhir. Diantaranya dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan juga mengurangi mobilitas. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Wali kota Semarang Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen”

Baca Juga: Dua Kelinci Pastikan Karyawan yang Bekerja Negatif Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here