Risiko Kesehatan di Balik Nikmatnya Konsumsi Jamur

RISIKO KESEHATAN DI BALIK NIKMATNYA KONSUMSI JAMUR
Foto: Ilustrasi Risiko Kesehatan di Balik Nikmatnya Konsumsi Jamur/ Pixabay

Suryamedia.idJamur menjadi menu makanan yang nikmat dan juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Namun, tidak semua jenis jamur dapat dikonsumsi. Beberapa yang aman untuk dimakan adalah jamur tiram, jamur kancing, dan shiitake.

Selain rasanya yang enak, penelitian juga menyebutkan bahwa jamur memiliki manfaat antiradang, antivirus, antibakteri, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Jamur juga kaya akan protein, serat, vitamin, dan juga mineral. Selain itu, juga mengandung antioksidan, selenium, polisakarida, dan juga vitamin D2. Beberapa manfaat jamur diantaranya

Baca Juga: Makanan Ini Tak Baik Disimpan di Kulkas

  1. Perkuat kekebalan tubuh

Salah satu jamur yang dapat digunakan untuk perkuat kekebalan tubuh adalah jamur Shiitake, yang dapat membantu melawan virus dan memperkuat kekebalan dari infeksi akibat jamur atau bakteri.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan beta-glukan di dalamnya, yang merupakan salah satu unsur yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Menghambat pertumbuhan kanker

Kandungan antioksidan di dalamnya, mampu membersihkan tubuh dari paparan radikal bebas, yang berpotensi menimbulkan kanker.

Baca Juga :   Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Selain itu, kandungan beta-glukan juga digunakan menjadi salah satu perawatan untuk kemoterapi, yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Vitamin D yang tersimpan di dalamnya juga terbukti mencegah pertumbuhan sel kanker, serta berperan dalam perbagian DNA.

Baca Juga: Perbaiki Rambut Rusak dengan Minyak Kelapa

  1. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian terhadap orang obesitas menunjukkan bahwa konsumsi jamur selama 3 kali seminggu, dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 8 persen.

Selain itu juga mampu mengurangi trigliserida sebanyak 15 persen dan juga menurunkan berat badan sebanyak 3,6 persen. Namun, di balik manfaatnya, jamur juga memiliki risiko ketika dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here