Ribuan Calon Jamaah Haji Demak Gagal Berangkat

RIBUAN CALON JAMAAH HAJI DEMAK GAGAL BERANGKAT
Foto: kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kabupaten Demak/ Mitrapost.com/ Muhamad Kafi

Demak, Suryamedia.idCalon jamaah haji dari Indonesia, dipastikan tidak bisa berangkat ke Mekkah tahun ini. Dikarenakan Kementerian Agama memutuskan untuk meniadakan penyelenggaraan ibadah haji 2021.

Kabupaten Demak sendiri, terdapat 1268 calon jamaah haji yang gagal berangkat.

“Ada 1268 calon jamaah haji di Demak yang gagal berangkat tahun ini,” terang Rahmi Indah Kepala Seksi (kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) saat di temui di Kementerian Agama (KEMENAG) Demak, Kamis (1/7/ 2021).

Indah menjelaskan, bagi jamaah yang telah melakukan pembatalan, terdapat 4 orang yang telah melakukan penarikan uang.

“untuk pembatalan yang setelah ada keputusan dari pemerintah, yang sudah melakukan penarikan uang kembali sampai saat ini ada 4 orang,” ungkapnya.

Alasan pengambilan tersebut dikarenakan, pihak yang bersangkutan sakit. Sedangkan pencairan uang haji, bisa didapatkan setelah mengajukan selama 9 hari.

“Menunggu 9 hari sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), jadi jamaah mengajukan persyaratan, kemudian kita teruskan, dan kita proses. Karena dana itu masuk di rekening Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH),” tambahnya

Baca Juga :   News Grafis : Bupati Demak Hadiri Sertijab dan Pelantikan Pengurus PKK

Uang tersebut akan ditransfer ke rekening jamaah masing- masing.

“Otomatis jamaah bisa mengecek di rekeningnya. Karena dana itu langsung dari BPKH masuk ke rekening jamaah haji,” jelasnya.

Berdasarkan setoran pelunasan di KMA 660 Tahun 2021 terkait pembatalan haji, menjelaskan bahwa jamaah haji bisa menarik setoran lunasnya.

Karena diambil seluruhnya dengan setoran awal, maka secara otomatis porsinya hilang. Sedangkan, yang bisa diambil hanya setoran lunasnya. Sehingga tidak kehilangan porsi keberangkatan. Kemudian setelah masuk di rekening, yang bisa mengambil hanya yang punya rekening tersebut.

Jumlah yang mendaftar haji dari bulan Januari-Juni 2021 terdapat sebanyak 1431 orang. Dan juga menunggu selama 30 Tahun. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “1268 Calon Jamaah Haji Demak Gagal Berangkat Tahun Ini”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here