Dalang Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia

DALANG KI MANTEB SUDHARSONO MENINGGAL DUNIA
Foto: Ki Manteb Sudharsono Berpulang/ ayoyogya.com

Suryamedia.id Dalang legendaris Indonesia, Ki Manteb Sudharsono telah berpulang pada Jumat (2/7/ 2021) pagi.

Dalang yang terkenal dengan sebutan “ Dalang Setan” ini merupakan salah satu sesepuh dalang dari Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah. Bahkan, namanya masih terkenal hingga sekarang.

Kabar meninggalnya dalang legendaris ini, disampaikan oleh Sekretaris Paguyuban Dalang Surakarta (Padhasuka) Ki Sugeng Nugroho.

“Mas Manteb wafat pagi ini. Baru saja saya dikabari oleh Mbak Warti (istri Ki Manteb). Mas Manteb wafat di rumahnya. Ini saya sedang perjalanan ke rumah duka,” ujarnya (2/7/ 2021)

Namun, untuk penyebab meninggalnya dan juga pemakaman Ki Manteb, belum diketahui.

“Nanti saya kabari lagi informasinya,” tambah Ki Sugeng

Semasa hidupnya, selain menjadi dalang terkenal, Ki Manteb juga diangkat sebagai empu paripurna di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta, Ki Sugeng Nugroho mengungkapkan bahwa gaya mendalang Ki Manteb Sudharsono menjadi salah satu acuan bagi dalang- dalang muda.

“Di pedalangan gaya Surakarta tak pernah lepas dari dua nama besar, Ki Anom Suroto dan Ki Manteb Sudharsono. Dalang-dalang muda setelahnya banyak yang terpengaruh dengan gaya garap kedua dalang kenamaan ini. Kepada Ki Manteb, terutama pada gaya garap dan sabetannya,” ujar Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta, Ki Sugeng Nugroho, kepada detikcom, Jumat (2/7/ 2021).

Baca Juga :   Reka Adegan Pembunuhan Sekeluarga Dalang Rembang

Pengangkatan Ki Manteb sebagai empu paripurna di ISI Surakarta dikarenakan kemampuannya yang sudah paripurna.

“Ada tiga kategori bagi sosok mumpuni di bidangnya yang diangkat sebagai empu oleh ISI Surakarta. Empu muda, empu madya, empu paripurna. Pak Manteb diangkat sebagai empu paripurna karena menurut kami, kemampuannya memang sudah paripurna,” ujar Humas ISI Surakarta, Esha Karwirnarno kepada detikcom.

artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul “Ki Manteb Sudharsono Tutup Usia”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here