Pemkot Magelang Ubah Lapangan Tenis Indoor Menjadi RS Darurat

PEMKOT MAGELANG UBAH LAPANGAN TENIS INDOOR MENJADI RS DARURAT
Foto: Rumah Sakit Darurat Kota Magelang/ jatengprov.go.id

Suryamedia.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang telah membuka rumah sakit (RS) darurat bagi pasien Covid-19.

Rumah sakit ini, merupakan lapangan tenis indoor Moncer Serius Kompleks Gelora Sanden, kelurahan Kramat Selatan.

Wali Kota Magelang Muchammad Nur Aziz mengungkapkan, bahwa pemilihan tempat ini karena dirasa lebih aman dan nyaman bagi para pasien.

“Pilihan kita di lapangan indoor tenis Moncer Serius karena lebih aman, tidak kehujanan atau kepanasan, dan fasilitas pendukungnya lengkap. Kita siapkan rumah sakit darurat ini agar masyarakat merasa lebih tenang,” ujar Aziz, di kantornya, Kamis (1/7/ 2021).

Ia juga mengungkapkan, bahwa rumah sakit ini mulai bisa digunakan pada Jumat (2/7/ 2021), dengan daya tampung mencapai 50 tempat tidur.

Wali kota Magelang tersebut juga menambahkan, pihaknya masih melakukan pendataan terkait tenaga kesehatan yang akan bertugas. Diantaranya adalah tenaga kesehatan ( nakes) yang baru lulus dan belum bekerja.

Ia juga menyatakan, bahwa dirinya siap untuk membantu dalam penanganan pasien Covid-19, sekalipun di luar jam kerja.

Baca Juga :   Tekan Angka Covid-19, Layanan Dindukcapil Demak Beralih Online

Ia juga menambahkan, jika ketersediaan dokter di Magelang mencukupi, maka dapat ditempatkan di rumah sakit darurat tersebut.

“Kalau dokternya sudah mumpuni, kita ambil dari Magelang saja. Dokternya cukup dan sudah sangat siap bertugas di rumah sakit darurat ini,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangannya, keterisian di rumah sakit yang ada di Magelang sudah mencapai 85 persen. Selain itu, IGD di RSUD Tidar kota magelang, telah dibuka kembali pada (30/6/ 2021) setelah sempat ditutup sementara.

“IGD RSUD sudah dibuka lagi untuk melayani masyarakat. Kami harap rumah sakit swasta juga ikut membantu menangani pasien Covid-19 ini. Yang sudah mengajukan diri RS Lestari Raharja dan RS Harapan, bahkan RS Harapan sudah menyiapkan tenda darurat untuk kesiapan UGD Covid-19,” jelasnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here