Dana BOSda Kabupaten Pati Akan Kembali Menjadi 100 Persen

DANA BOSDA PATI AKAN KEMBALI MENJADI 100 PERSEN
Foto: Turi Atmoko, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati/ Mitrapost.com/ Moh.Anwar

Pati, Suryamedia.id – Tahun ini Bantuan Operasional Sekolah  pendampingan yang bersumber dari APBD (BosDa) Kabupaten Pati, akan dikembalikan 100 persen seperti tahun 2019.

Sebelumnya, di tahun 2020 Bosda Pati terkena pemotongan sebesar 60 persen dan hanya tersisa 40 persen, karena adanya proses refocusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD) Kabupaten Pati untuk penanganan Covid-19.

Kemudian, di awal tahun 2021 dalam pemakaian APBD murni Pemkab Pati, menambah anggaran untuk BOSda menjadi  80 persen dari anggaran tahun 2019.

Sedangkan pada agenda perubahan APBD Kabupaten 2021, direncanakan akan ditambah lagi menjadi 100 persen seperti alokasi tahun 2019.

“BOS daerah di murni kemarin ( 2021 awal) 80 persen dari alokasi tahun 2019, di perubahan APBD sesuai rekomendasi Badan Anggaran akan kami naikkan jadi 100 persen,” kata Turi Atmoko, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati, Sabtu (3/7/21).

Bila alokasi BOSDa dikembalikan 100 persen, setiap siswa SD maupun MI akan kembali mendapatkan bantuan operasional sebesar Rp43.000 per siswa dan Rp86.000 untuk siswa SMP maupun MTs.

Baca Juga :   Wilayah di Kabupaten Pati, Rawan Peredaran Narkotika

Selain BOSDa, juga ada alokasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang berasal dari pemerintah dalam APBN. Turi menyatakan, untuk dana BOS APBN, Kabupaten Pati mendapatkan alokasi sebesar Rp117 miliar.

“BOS ada dua APBN dan BOS dari daerah. BOS APBN ditargetkan Rp117 miliar itu sudah kami salurkan dari rekening Gubernur ke rekening sekolahan,” terang Turi.

Bila dana BOS masih kurang untuk mengcover kebutuhan operasional sekolah, Turi menyebut, pihak pengelola sekolah diperbolehkan melakukan penarikan SPP atau sumbangan lainnya kepada wali murid peserta didik.

Dengan syarat, dimusyawarahkan dengan pihak orang tua murid, dan mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan dan Bupati Pati.

“Kemudian bagi sekolah yang mempunyai aktifitas, inovasi dengan kegiatan yang lebih dibandingkan sekolah lain, Mendikbud memperkenankan bisa minta bantuan dari komite sekolah dalam hal ini dirembuk seijin kepala Disdik dan Bupati untuk pengembangan institusi,” katanya. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Alokasi Dana BOSda Kabupaten Pati Akan Dikembalikan 100 Persen”

Baca Juga :   Warga Khawatirkan Pipa PDAM Yang Alami Kebocoran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here