Pendonor Plasma Konvalensen di Pati Masih Rendah

PENDONOR PLASMA KONVALENSEN DI PATI MASIH RENDAH
Foto: PMI Pati Sedang Mengambil Darah Dari Pendonor Di Kodim Pati Beberapa Waktu Lalu/ Mitrapost.com/ Umar Hanafi

Pati, Suryamedia.id – Selepas libur lebaran, permintaan plasma darah konvalensen di Kabupaten Pati mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan oleh Humas Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia ( PMI) Kabupaten Pati, Syafaati, pada (9/7/ 2021) kemarin.

Syafaati mengungkapkan, selain mengalami peningkatan permintaan, pendonor darah plasma konvalensen juga masih rendah. Hal ini membuat pihaknya kesulitan memenuhi kebutuhan permintaan yang ada.

“Setelah hari raya memang peningkatan plasma dan donor darahnya sangat minim sekali,” ujar Syafaati saat ditemui, Jumat (9/7/ 2021) kemarin.

Syafaati mengungkapkan, pihaknya juga mengalami kesulitan mendata penyintas Covid-19 di Kabupaten Pati. Hal ini membuat ia tidak bisa maksimal mencari pendonor plasma darah konvalensen dari penyintas Covid-19.

Ia pun mengimbau kepada penyintas Covid-19 untuk mau menyumbang plasma darahnya. Plasma darah konvalensen dari penyintas Covid-19 diyakini dapat menjadi terapi kesembuhan pasien Covid-19 yang saat ini mengalami peningkatan.

“Konvalensen ini karena keterbatasan data penyintas Covid-19 di kami dan donor itu kan sukarela. Kami mengimbau penyintas Covid-19, namun kebutuhan darah konvalensen ini memang meningkat sekali di Kabupaten Pati ini. Sangat meningkat tajam dan pendonornya sangat minim sekali,” katanya.

Baca Juga :   Program TMMD di Pati Tuai Pujian Bupati

Setidaknya ada 30 orang yang menghubungi pihaknya, untuk mencari plasma darah konvalensen. Namun lantaran kekurangan stok, pihaknya hanya melayani beberapa pasien saja.

“Permintaan plasma darah konvalensen kalau kita ada ada sekitar 25 sampai 30 pasien. Namun kita hanya mampu melayani sebisa mungkin. Kalau ada pendonornya kami siap mengambil. kalau ingin menyumbangkan kami bersedia melayani. Namun untuk plasma darah konvalensen ini memang masih dari keluarganya yang mengunjungi,” tandasnya. (*)

artikel ini telah tayang Mitrapost.com dengan judul “Permintaan Plasma Konvalensen di Pati Meningkat, Pendonor Masih Rendah”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here