Faktor Penyebab Kulit Nampak Lebih Tua

FAKTOR PENYEBAB KULIT NAMPAK LEBIH TUA
Foto: Ilustrasi Penuaan pada Kulit/ Pixabay

Suryamedia.idKulit menua, tidak hanya disebabkan karena faktor usia. Beberapa hal yang dilakukan dalam kegiatan sehari- hari, juga dapat menyebabkan kulit menjadi cepat menua.

Diantaranya adalah tidak menggunakan sunscreen. Tabir surya sangat penting digunakan dalam perawatan kulit dasar sehari- hari.

Karena penggunaan tabir surya dapat mencegah beberapa masalah kulit yang disebabkan karena efek buruk sinar matahari. Seperti halnya sensasi kulit terbakar, menangkal tanda penuaan dini, hingga menurunkan risiko kanker kulit.

Gunakan tabir surya 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Setelahnya oleskan setiap 2 jam sekali untuk memaksimalkan perlindungan kulit.

Kebiasaan lain adalah menggunakan produk anti penuaan yang salah. Penggunaan produk yang tidak tepat dapat menyebabkan tampilan wajah menjadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Selanjutnya adalah terlalu sering menggosok mata. Kebiasaan ini dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di area mata. Sehingga menyebabkan wajah menjadi terlihat lebih tua.

Kebiasaan lainnya dalah menggunakan sedotan. Penggunaan sedotan ini dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan di area bibir, seperti halnya garis halus dan juga kerutan.

Baca Juga :   Hindari Jenis Makanan Berikut Sebelum Olahraga

Selain itu, tidur dengan posisi menyamping juga dapat menyebabkan muka menjadi menua lebih cepat. Tekanan bantal dapat menyebabkan munculnya garis halus pada dagu, pipi, dan juga kening.

Intensitas tidur yang kurang juga dapat menyebabkan penuaan di wajah lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan, regenerasi sel tubuh menjadi terganggu sehingga menyebabkan wajah kusam dan menjadi tampak menua.

Faktor lain adalah karena stres. Ketika seseorang mengalami stres akan melepaskan hormon kortisol yang dapat melemahkan kolagen, sehingga menyebabkan wajah menjadi lebih cepat tua.

Faktor terakhir yang menyebabkan penuaan lebih cepat adalah berat badan yang terlalu kurus. Hal ini disebabkan karena berkurangnya lemak di wajah, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, sehingga menjadikan kulit wajah terlihat lebih tua. (*)

artikel ini telah tayang di SehatQ dengan judul “Waspada, Ini Kebiasaan Sehari-Hari dan Makanan yang Bikin Cepat Tua pada Kulit”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here