Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

MANFAAT NIACINAMIDE BAGI KULIT
Foto: Ilustrasi Manfaat Niacinamide Bagi Kulit/ Pixabay

Suryamedia.idNiacinamide merupakan salah satu kandungan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit wajah.

Niacinamide ini merupakan salah satu bentuk vitamin B3, yang juga sering dikenal sebagai niasin. Terdapat beberapa manfaat dari kandungan ini.

Diantaranya adalah berfungsi untuk melembapkan dan juga menghaluskan kulit. Produk perawatan yang mengandung niacinamide juga dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, juga dapat mengatasi masalah jerawat, eksim, dan rosacea.

Manfaat lain adalah untuk menyamarkan noda hitam. Dalam sebuah penelitian, menunjukkan bahwa kandungan 5 persen niacinamida dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit. Karena dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit.

Selain itu, kandungan ini juga dapat mencegah kanker kulit. Karena dapat mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak akibat dari paparan sinar UV, yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Namun, dibalik manfaatnya, niacinamide juga memiliki efek samping. Diantaranya adalah bagi pemilik kulit sensitif, yang memungkinkan terjadinya reaksi alergi.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mengoleskan langsung ke kulit wajah. Jika merasakan gatal, bengkak, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan. (*)

Baca Juga :   Peringati Hari Kartini dengan Lagu Bertema Perempuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here