Kemendikbud Beri Peluang Bagi Tenaga Kependidikan Honorer

Pati, Suryamedia.id – Kabar menggembirakan datang dari dunia pendidikan. Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberi peluang bagi Tenaga Kependidikan Honorer untuk dapat mendaftar di perekrutan tersebut. Asalkan telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Apalagi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati memberi kesempatan bagi seluruh Tenaga Kependidikan Honorer untuk tetap bisa entry Dapodik sampai kapanpun.

Sehingga, banyak diantara tenaga kependidikan honorer berkesempatan mendaftar Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) – SD Disdikbud Kabupaten Pati, Solichul Hadi, tenaga kependidikan honorer yang didominasi oleh guru honorer berkesempatan melakukan pendaftaran ke Dapodik kapanpun. Asalkan disetujui oleh pihak Kepala Sekolah instansi mengajar dan mendapat surat pengantar dari Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam).

“Operator Sekolah kami ijinkan melakukan entry Dapodik bagi guru honorer yang telah memenuhi syarat. Asalkan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mereka mendaftar sesuai kebutuhan sekolah dan dapat surat rekomendasi dari Korwilcam, terutama guru SD,” ujarnya saat dihubungi Mitrapost.com.

Baca Juga :   Harga Kebutuhan Pokok Naik, Dewan: Sebenarnya Bisa Diantisipasi Jauh Hari

Salah seorang Guru honorer di SD N Sitirejo, bernama Alam Haryono mengungkapkan bahwa dirinya merasa diuntungkan oleh Disdikbud Pati. Karena ia yang notebene baru genap 7 bulan mengajar sudah dapat mengikuti pendaftaran PPPK Guru, lantaran dirinya telah masuk ke Dapodik.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) GTK Disdikbud Kabupaten Pati, Ponco Sugiharto ketika diwawancarai Mitrapost di kantor Disdikbud Kabupaten Pati.

Meskipun, tim Verifikasi dan Validasi (Verval) Disdikbud Kabupaten Pati hanya melakukan verval pada Dapodik yang terupdate hingga 31 Desember 2020. Akan tetapi, bagi guru yang masuk Dapodik pada 2021 bisa mendaftar Seleksi Penerimaan PPPK Guru tahun ini.

Lebih lanjut, Ponco menjelaskan pihaknya tidak pernah menghentikan proses entry Dapodik. Setiap ada tenaga kependidikan yang mau mengajukan ke Dapodik akan segera diproses dengan koordinasi antara Dinas dengan Operator Sekolah.

“Seharusnya verval Dapodik paling maksimal 31 Desember 2021. Tetapi, kami berikan kelonggaran agar guru-guru honorer yang telah mendaftar Dapodik tahun ini, dapat mendapat hak yang sama,” ungkapnya.

Baca Juga :   Masjid Agung Pati Tak Gelar Salat Iduladha

Ia menegaskan bahwa hanya Disdikbud Kabupaten Pati, yang memberi kesempatan verifikasi Dapodik kurang dari 2 tahun. Padahal seharusnya, guru dapat diverifikasi Dapodik, jika telah mengabdikan diri selama 2 tahun di sekolah.

“Namun, tidak semua kami turuti. Secara mekanisme hanya bisa dilakukan Operator Sekolah. Jika dapat diakses oleh semua orang dikhawatirkan terjadi kebocoran data,” pungkasnya. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Pendaftaran PPPK Guru di Pati Beri Keuntungan Bagi Guru Honorer”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *