Normalisasi Enam Sungai di Rembang

Rembang, Suryamedia.id – Sejumlah sungai di Rembang akan dinormalisasi oleh pemerintah di Rembang. Terhitung ada enam paket sungai, yang kini masuk dalam tahap konsultasi rencana normalisasi oleh pihak terkait.

Enam sungai yang dimaksud, tersebar di empat kecamatan yang berbeda. Dua sungai pada masing-masing kecamatan Lasem dan Kaliori. Lalu kecamatan Sarang dan Pancur, masing-masing satu sungai.

Diantaranya yakni sungai Tumbun Gedung Mulyo, Pancur. Normalisasi sungai Babagan, Lasem.  Pembangunan Jetty sungai Babagan, Lasem. Sungai di desa Dresi Kulon, Kaliori. Normalisasi muara dan sungai Tasikharjo, Kaliori. serta normalisasi sungai Kalipang, Sarang.

Melalui Didik Galeh Prasetyo, Kasi Penyediaan Air Baku Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Rembang mengatakan, bahwa rencana normalisasi enam sungai ini merupakan bagian dari rencana penanggulangan bencana berupa banjir Di Rembang. Dimana penanggulangan ini diusulkan oleh pihak BPBD tempo hari.

“Mungkin pihak masyarakat mengusulkan untuk dinormalisasi karena sungainya sudah dangkal,” Ujarnya.

“usulan ini dari BPBD, normalisasi karena menanggulangi bencana alam. Karena ada aturan BPBD tidak boleh mengerjakan pekerjaan fisik, maka pelaksanaan normalisasi diserahkan ke DPU.” Bebernya saat dihubungi tim Mitrapost.com pada hari ini.

Baca Juga :   Satlantas Tambah Penyekatan Ruas Jalan di Rembang

Terkait bentuk normalisasi nantinya, Didik belum dapat menjelaskan secara rinci. Apakah nantinya akan dikeruk atau diberikan tambahan bangunan baru, menurutnya belum dapat dijabarkan.

“Mau di keruk atau ditambah bangunan baru belum tahu. Ini baru pembahasan konsultasi rencana,” Tutupnya.  (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “6 Sungai di Rembang Akan Dinormalisasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *