Sejumlah Hewan Kurban Ditemukan Memiliki Penyakit

SEJUMLAH HEWAN KURBAN DITEMUKAN MEMILIKI PENYAKIT
Foto: Hewan kurban di Kabupaten Rembang/ Mitrapost.com/ Aziz Afifi/

Rembang, Suryamedia.id – Pemerintah Kabupaten Rembang melakukan pemeriksaan hewan baik  sebelum maupun setelah disembelih di Hari Raya Iduladha tahun ini. Sejumlah hewan ditemukan mempunyai penyakit maupun belum cukup umur.

Kepala Bagian Peternakan dan Keswan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Idham Rachmati mengungkapkan pihaknya mendapati sejumlah hewan yang penyakitan. Temuan tersebut berupa adanya cacing hati dan radang paru.

“Cacing Hati atau Fasciolosis, sebanyak 11 ekor. Sedangkan penyakit Pneumonia atau radang paru sebanyak lima ekor hewan,” jabarnya.

Dua jenis penyakit yang ditemukan tersebut didapati dari hewan sembelihan di hari pertama Iduladha. Total keseluruhan hewan kurban di Kabupaten Rembang yang dilakukan pemeriksaan pada hari pertama terdapat 811 ekor sapi jantan. Tak hanya itu, juga kambing jantan sebanyak 2.569 ekor, kambing betina tak produktif 32 ekor, dan domba jantan sebanyak 1.074 ekor.

Baca Juga :   Nelayan Rembang Tolak Pelarangan Cantrang

Sementara itu, Dintanpan Rembang juga melakukan pemeriksaan antemortem pada hewan kurban. Pada pemeriksaan tersebut, pihaknya menemukan gangguan penyakit radang mata, belum cukup umur, dan keropeng mulut.

Idham merinci, beberapa hewan kurban juga ditemukan belum cukup umur. Yakni, sebanyak empat ekor sapi, 10 ekor kambing, dan enam ekor domba. Sedangkan, hewan yang mengalami gangguan penyakit mata ditemukan sebanyak empat ekor kambing dan tiga ekor domba mengalami cacat keropeng mulut atau Orf.

“Ini temuan dari sapi sebanyak 742 ekor, kambing 699 ekor, domba 910 ekor,” tutupnya.

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Pemeriksaan Hewan Kurban, Temuan Cacing Hati hingga Belum Cukup Umur”

Baca Juga :   Pelukis Asal Rembang Lelang Lukisan Bantu Pasien Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here