Lapas Pati Berikan Asimilasi di Rumah Kepada Napi

LAPAS PATI BERIKAN ASIMILASI DI RUMAH KEPADA NAPI
Foto: Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Pati/Mitrapost.com/Moh.Anwar

Pati, Suryamedia.id – Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Kelas II B Pati kembali memberikan asimilasi di rumah kepada 31 orang narapidana ( Napi). Program ini diharapkan mampu memutus penyebaran virus corona Disease ( Covid-19) di lingkungan rumah tahanan.

kebijakan ini mengacu kepada Perubahan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 tahun 2021 Tentang Syarat Dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Krismiyanto Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan ( Lapas) Kelas II B Pati menambahkan bahwa Program Asimilasi di rumah dicanangkan sejak tahun 2020 dan telah dilakukan sebanyak 3 kali.

“Dari tahun 2020, saat pemberlakuan darurat covid-19 Menkumham mengeluarkan Permenkumham Nomer 10 tahun 2020 guna pencegahan Covid. Untuk pidana tertentu, pidana pendek bisa di asimilasikan dirumah,” ujar Krismiyanto kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya.

Program Asimilasi d irumah pertama berlaku mulai April sampai Desember 2020. Sebanyak 280 narapidana yang telah memnuhi syarat substantif dan administratif dipulangkan.

Baca Juga :   Menilik Bangunan Peninggalan Sejarah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini