Cara Mencegah Lengkuas Tidak Kering

CARA MENCEGAH LENGKUAS TIDAK KERING
Foto: Cara Mencegah Lengkuas Tidak Kering/Pixabay

Suryamedia.id Lengkuas menjadi salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk melengkapi aneka masakan.

Namun sayangnya, Ketika salah menyimpan bumbu satu ini, menyebabkannya menjadi tidak tahan lama dan cenderung mongering.

Adapun beberapa cara menyimpan lengkuas agar tahan lama dan tetap kering. Hal yang pertama dapat dilakukan adalah dengan menyimpannya di suhu ruangan. Bisa diletakkan di dalam kulkas atau di simpan di area dapur yang sejuk dan jauh dari jangkauan sinar matahari.

Sebelum menyimpannya, bersihkan lengkuas dari kotoran yang masih menempel. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mencucinya menggunakan air.

Setelah kotoran sudah dipastikan bersih, kemudian simpan di wadah kedap udara. Hal ini untuk menghindari lengkuas menjadi kering. Serta pastikan tidak ada uap air yang masuk, sehingga lengkuas tidak bertunas.

Cara kedua yang dapat diterapkan adalah dengan menyimpannya di di wadah kedap udara. Setelah itu masukkan ke dalam laci kulkas. Jika di dalam wadah tetap kering, lengkuas ini dapat bertahan hingga beberapa minggu.

Baca Juga :   Tips Menebalkan Alis dengan Bahan Alami

Hal terakhir yang dapat diterapkan adalah dengan cara membekukan di dalam freezer. Dengan menyimpan lengkuas yang telah dikupas ke dalam freezer dapat memperpanjang masa simpannya.

Dengan menggunakan metode pembekuan ini, dapat dilakukan dengan mengiris lengkuas tipis- tipis. Setelah itu, susunlah ke dalam plastic zip lock.

Pastikan tidak ada udara di dalamnya, setelah itu tutup rapat dan lengkuas dapat dibekukan. Serta pastikan suhu freezer tetap stabil. Lengkuas beku ini memiliki masa simpan hingga dua bulan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “3 Cara Simpan Lengkuas agar Tidak Kering dan Tahan Lama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here