Cegah Stunting, Ganjar Imbau Adanya Kontrol Terhadap Ibu Hamil

CEGAH STUNTING, GANJAR IMBAU ADANYA KONTROL TERHADAP IBU HAMIL
Foto; Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/jatengprov.go.id

Suryamedia.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau para kades dan bidan desa untuk tetap mengontrol Kesehatan ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk mencegah stunting. Sebagaimana diungkapkan Ganjar dalam ‘ Rembug Desa’ secara virtual dengan para Kades se Kabupaten Karanganyar, pada (27/7/ 2021).

Selain itu, Ganjar juga meminta adanya kesadaran dari masyarakat untuk saling membantu, terutama kepada mereka yang sedang menjalani isolasi.

“Mereka yang isolasi rata-rata masih bisa dibantu oleh mereka, ada dana desa, ada dari masyarakat itu di Jogo Tonggo. Di sini tuh ada Pagar Mangkok, ini yang khas Karanganyar, mereka memberikan bantuan. Maka Insyaallah itu aman, dana desanya juga berjalan,” tegasnya.

Ganjar juga menegaskan terkait pentingnya mengontrol kesehatan ibu hamil. Sehingga tidak hanya berfokus pada penanganan pandemic, namun juga focus pada pencegahan stunting.

“Dan rata-rata selalu ada dari sekian ibu hamil punya masalah kandungan. Nah ini saya minta kepada mereka untuk melakukan kontrol itu. Apakah biasanya masalah anemia, ada kelainan di kandungan atau masalah kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :   Produk UKM Jateng Berpeluang Dipasarkan di Jepang

Gubernur Jateng tersebut juga menyoroti terkait adanya laporan bahwa adanya pasien meninggal Covid-19 yang tidak bisa dibawa pulang karena kebijakan dari rumah sakit. Sehingga ia meminta adanya pelayanan call center selama 24 jam.

“Nah ternyata dari Karanganyar sudah menyiapkan BPBD, itulah kenapa tadi Dinkes saya ngelihat call center. Kalau call center-nya bisa 24 jam, maka seluruh pertanyaan masyarakat akan bisa dijawab,” katanya.

Bupati Karanganya Juliyatmono juga memberikan tanggapan tentang masalah tersebut. Ia meminta para kades untuk langsung menghubunginya atau BPBD, untuk membantu warga yang sedang kesusahan.

“Nah gitu lho, kalau nantinya seluruh kabupaten/ kota, bupatinya, wali kotanya menjawab langsung, maka itu akan memberikan kepastian kepada warga yang punya masalah. Sehingga bisa dibantu,” tandasnya. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Kontrol Kesehatan Ibu Hamil, Demi Cegah Stunting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here