Tempat-Tempat Angker di Yogyakarta

TEMPAT-TEMPAT ANGKER DI YOGYAKARTA
Foto: Tempat Horor di Kota Yogyakarta/pmperizinan.jogjakota.go.id

Suryamedia.id Yogyakarta terkenal dengan ragam destinasi yang menarik dan juga apik. Kota ini pun sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dibalik keindahan alam yang disuguhkan, Yogyakarta juga menyimpan beragam tempat horror yang mampu membuat bulu kuduk berdiri.

Tempat horror pertama yang ada di kota ini adalah Rumah Pocong Sumi yang berlokasi di Kemantren Kotagede, Yogyakarta.

Konon katanya, rumah ini telah berdiri sejak tahun 1860, sehingga termasuk sebagai salah satu bangunan tua yang telah berusia lebih dari satu abad.

Tempat horror ini juga dipercaya menyimpan tragedi yang telah menimpa seorang perempuan bernama Sumini pada tahun 1935.

Sehingga rumah dengan arsitektur indische ini dibiarkan kosong hingga lama. Hal tersebut pun mendatangkan berbagai makhluk gaib untuk tinggal. Termasuk salah satunya “pocong Sumi”, yang seringkali muncul di teras rumah setiap pukul 22.00 WIB.

Tempat horror selanjutnya adalah Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa. Bangunan yang terletak di sekitar objek wisata gunung Merapi ini, jika dilihat dari luar nampak terbengkalai.

Baca Juga :   Wali Kota Se-Indonesia Bersepeda Menikmati Keindahan Kota Yogyakarta

Usut punya usut, Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa ini dulunya digunakan sebagai asrama mahasiswa Universitas Gadjah Mada.

Namun sayangnya, sejak erupsi Gunung Merapi 1994 sampai saat ini, bangunan tua itu terbengkalai tanpa penghuni.

Beragam kisah mistis pun merebak dari mulut ke mulut, antara lain soal penampakan noni Belanda di balkon lantai dua. Penampakan hantu tersebut juga diiringi dengan suara tangisan misterius.

Selanjutnya adalah Rumah Kanthil yang berlokasi tak jauh dari Rumah Pocong Sumi. Rumah Kanthil pun sempat masuk layar kaca untuk uji nyali program Dunia Lain.

Sesuai dengan namanya, terdapat pohon kanthil yang pernah tumbuh besar di sana, sehingga dianggap keramat oleh banyak orang. Selain itu, Rumah Kanthil disebut-sebut memiliki “penunggu”, yang tentu saja berupa maklhuk tak kasat mata.

Tempat angker lainnya yaitu Rumah Kosong Selokan Mataram Bangunan. Tempat ini terletak di sudut jalan Selokan Mataram, yang disebut- sebut sebagai rumah tak berpenghuni selama bertahun-tahun.

Kabarnya banyak penampakan yang muncul di sekitar Rumah Kosong Selokan Mataram. Salah satu mitos mengatakan, rumah bertingkat dua itu sempat dijadikan sebagai kos putri yang banyak ditinggali oleh mahasiswa asal luar Jogja sebelum dibiarkan kosong sekian lama.

Baca Juga :   Lestarikan Wayang dan Batik, Kundha Kabudayan Yogyakarta Gelar Perayaan Rumaket

Kabarnya pernah ada insiden seseorang yang melakukan gantung diri di tempat tersebut. Konon, arwah korban bunuh diri itu kerap meneror penghuni kos dengan suara tangisan setiap malam dan penampakan berjalan-jalan di koridor.

Terakhir adalah Rumah Kentang Kotabaru. Dimana rumah ini berhubungan dengan adanya kentang dan berlokasi di Kelurahan Kotabaru, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Penduduk setempat meyakini bahwa aroma kentang yang secara tiba-tiba muncul itu menandakan kedatangan sosok genderuwo. Ada pula yang mengaku pernah menyaksikan penampakan noni Belanda di Rumah Kentang, hingga makhluk gaib lainnya dengan tampang yang sulit dicerna nalar. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “5 Tempat Horor di Kota Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here