Makhluk Mitologi Asal Indonesia

  1. Suku Mante

Suku ini disebut-sebut menjadi nenek moyang dari suku Aceh yang masih hidup.

Pada tahun 2017, ada sebuah video viral di mana beberapa pengendara motor bertemu orang pedalaman dengan tubuh kecil yang berlari dengan sangat kencang. Diduga bahwa makhluk tersebut merupakan anggota dari Suku Mante.

Mante sendiri memiliki fisik yang kerdil dengan tinggi maksimal 1 meter, berkulit sawo matang, dan rambut gimbal yang sangat panjang. Suku ini masih hidup dengan cara primitif dan sangat menutup diri dari manusia, bahkan mereka sangat takut dengan manusia.

  1. Kuda Sembrani

Hewan mitologi di Indonesia lainnya yang berasal dari Jawa adalah Kuda Sembrani, seekor kuda bersayap yang bisa terbang dan pemberani.

Menurut cerita pewayangan, Kuda Sembrani merupakan kuda tunggangan Batara Wisnu, tetapi hikayat rakyat Jawa menyebutnya sebagai alat transportasi bagi raja, ratu dan senopati.

Salah satu legenda mengatakan, Kuda Sembrani milik Sultan Agung pernah kabur dari Kerajaan Mataram dan singgah di Pantai Madasari, Pangandaran, Jawa Barat.

  1. Nyai Roro Kidul
Baca Juga :   Trailer Debut LE SSERAFIM Fearless Dianggap Mirip LOONA

Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris yang dikenal sebagai Ratu Laut Selatan dan digambarkan memiliki paras rupawan.

Sosok yang memiliki nama asli Dewi Kadita ini dipercaya menguasai Laut Selatan dan memiliki kerajaan di bawah laut.

Ada sebuah kepercayaan yang menyatakan larangan untuk berpakaian hijau di sepanjang pantai selatan Jawa, karena Nyi Roro Kidul amat menyukai warna hijau.

Mitosnya, jika nekat mengenakan baju hijau, bisa-bisa orang tersebut akan diseret masuk ke dalam lautan dan tak akan pernah kembali, lantaran menjadi tentara atau pelayan sang Nyai.

  1. Kuyang

Makhluk mitologi Indonesia asal Kalimantan yang kengeriannya tak perlu diragukan lagi. Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan organ-organ tubuh yang masih menggantung di kepala dan bisa terbang untuk memangsa darah bayi atau darah wanita yang baru melahirkan.

Kuyang adalah wanita yang memiliki ilmu hitam agar dapat hidup abadi dan berpenampilan seperti orang biasa di pagi hari.

Menurut kepercayaan, korban harus menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabotan rumah tangga seperti panci dan wajan untuk menghadapi Kuyang. (*)

Baca Juga :   7 Tempat Paling Seram di Dunia Ini Cocok untuk Uji Nyali

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan Judul “10 Makhluk Mitologi Asli Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *