Siwalan, Buah Langka dengan Khasiat Melimpah

SIWALAN, BUAH LANGKA DENGAN KHASIAT MELIMPAH
Foto: Buah Siwalan Kaya Akan Khasiat/Mitrapost.com/Ainul M

Rembang, Suryamedia.idSiwalan, buah yang memiliki nama latin Borasus Flaballifer ini, merupakan sejenis buah palma yang banyak dijumpai di daerah Asia Selatan dan AsiaTenggara. Sedangkan di Indonesia banyak diJumpai Jawa, Bali, Sulawesi,Hingga Nusa Tenggara.

Siwalan sendiri sangatlah jarang ditemui ketika pada musim penghujan, karna pada musim itu, buah yang baru tumbuh akan jatuh ketika musim penghujan datang.

Untuk dibulan kemarau seperti saat ini, buah siwalan sangatlah banyak. Karena pada musim inilah, siwalan memasuki masa panen. Sering kita jumpai dipinggir jalan, banyak sekali yang berjualan dipinggir jalan.

Sukro Pedagang yang ada di Kecamatan Pamotan menuturkan bahwa buah ini dijual dengan kisaran harga Rp5000.

“buah siwalan saat ini sangat banyak, seperti sekarang ini yang saya jual ada legen siwalan buah siwalan itu sendiri saya jual dilapak saya, untuk harga siwalan perikaatnya dijual Rp5000, Sedangkan untuk legen siwalan Saya jual Rp.10.000 Per botolnya,” Tuturnya Kepada Wartawan Mitrapost.com.

Adapun manfaat dari buah siwalan itu sendiri, membantu melancarkan pencernaan, kandungan didalam buah ini juga mengandung segudang manfaat dan mampu mengobati segala macam penyakit, seperti sembelit dan diare.

Baca Juga :   Nelayan Rembang Tolak Pelarangan Cantrang

Banyak juga masyarakat yang memesan langsung dari lokasi pemetikan buah siwalan, karena dirasa pengambilan langsung tanpa ada campur tangan manusia, sehingga dinilai lebih berkhasiat.

Senada dengan Kosim, Jupri mengatakan bahwa buah ini dapat membantu mengobati sembelit.

“Setelah minum dan makan buah siwalan tersebut, dulu dia susah sekali sembelit dan akhirnya sembelitnya sembuh, sayangnya buah ini sangat langka dan hanya musim kemarau saja tumbuhnya,”. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Siwalan, Buah Langka Yang Hanya Ada di Musim Kemarau”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here