Wedang Jancuk, Dinilai Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh

WEDANG JANCUK, DINILAI DAPAT TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH
Foto: Wedang Jancuk, Minuman Rempah Berkhasiat/beritamagelang.id/

Magelang, Suryamedia.idWedang Jancuk menjadi salah satu minuman berkhasiat yang dinilai dapat memberikan kesegaran dan menambah imunitas tubuh. Dimana minuman tersebut, disajikan panas.

“Di sini boleh bebas menggunakan kata Jancuk, karena Jancuk itu kalau di tempat kami adalah sebuah minuman rempah yang sengaja kami sajikan panas,” kata Ria selaku pemilik Angkringan DuaAtap Ngluwar, Jumat (20/8/ 2021).

Ria mengungkapkan bahwa minuman khas ini menjadi salah satu minuman yang digerami oleh para pengunjung angkringan tersebut.

Wedang Jancuk sendiri merupakan singkatan dari ramuan rempah yang digunakan untuk membuat minuman yang terdiri dari Jahe, Kencur, dan Jeruk.

Ia juga mengungkapkan bahwa minuman telah dikonsumsi oleh keluarga sejak dahulu. Dimana komposisinya terdiri dari jahe, kencur, dan juga jeruk nipis yang biasa diminum Ketika malam hari. Namun pada saat itu, belum ada nama penyebutan wedang tersebut.

“Namun, saat itu belum ada namanya, hanya wedang anget gitu saja,” ungkapnya.

Ria melanjutkan, nama Wedang Jancuk itu muncul setelah seorang sahabat yang kebetulan mampir di angkringannya menyarankan untuk memberi nama minuman tersebut. Karena terbuat dari bahan jahe, kencur dan jeruk maka diambillah nama Wedang Jancuk.

Baca Juga :   News Grafis : Uji Coba Pembukaan Pariwisata

“Pembuatannya mudah, cukup jahe dan kencur diiris tipis, kemudian dimasukkan ke gelas bersama dengan perasan jeruk nipis. Gulanya kita selalu pakai gula batu,” terangnya.

Setelah semua bahan tersebut ditaruh di gelas, kemudian diseduh dengan air mendidih. Untuk alat pengaduknya, Ria tidak menggunakan sendok seperti pada umumnya, namun menggunakan batang serai yang ujungnya dibelah.

“Mengaduk menggunakan serai itu nanti akan menciptakan aroma khas di samping juga rasa hangat yang ditimbulkan,” ungkapnya.

Beberapa pelanggan mengungkapkan bahwa minuman tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“Ada yang pernah memesan wedang Jancuk ini menggunakan es, namun kami tidak layani karena dari awal keluarga kami mengkonsumsi minuman ini selalu dalam kondisi panas,” tambah Ria.

Ia menjual segelas Wedang Jancuk dengan harga Rp6.000. Dimana ada tambahan gula batu di dalam minuman tersebut. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Wedang Jancuk, Minuman Berkhasiat Penambah Imunitas”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here