Biaya Swab PCR di RSUD Kota Pekalongan Turun

BIAYA SWAB PCR DI RSUD KOTA PEKALONGAN TURUN
Foto: Warga tengah menjalani tes swab PCR/Mitrapost.com/Umar Hanafi

Pekalongan, Suryamedia.idBiaya Swab PCR sempat menghebohkan masyarakat karena dinilai mematok harga yang cukup tinggi. Kini terjadi penurunan harga di beberapa rumah sakit.

Seperti halnya di RSUD Bendan Kota Pekalongan. Dimana Swab PCR dipatok dengan mengikuti intruksi batasan harga. Sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Utama RSUD Bendan, dr Junaidi Wibawa.

Dimana awalnya, biaya Swab PCR mencapai hingga Rp900 ribu, namun kini sudah turun di harga Rp495 ribu.

“Saat booming dulu dan harga- harga mahal, APD sampai naik tiga kali lipat batasan harga untuk tes PCR yakni Rp900.000. Sekarang, RSUD Bendan mematok harga Rp495.000,” jelas dr Junaidi.

Penurunan harga ini untuk mengurangi beban masyarakat di masa pandemi ini. Terutama bagi yang membutuhkan hasil swab untuk pemenuhan persyaratan. Walaupun biaya turun, namun tak mengurangi kualitas itu sendiri.

“Diturunkannya harga ini juga untuk mengurangi beban masyarakat yang membutuhkan hasil swab PCR untuk memenuhi syarat pengurusan apapun,“ kata dr Junaidi.

dr Junaidi menjelaskan bahwa cakupan untuk skrining dapat meningkat dengan rapid antigen, hasilnya juga cepat yakni 30 menit. Sedangkan rapid antigen dihargai Rp100 ribu.

Baca Juga :   Pemkot Magelang Ubah Lapangan Tenis Indoor Menjadi RS Darurat

“Untuk rapid antigen di RSUD Bendan yang awalnya 135.000-145.000 sekarang Rp100.000,” pungkas dr Junaidi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here