TIPS KUNCI SUKSES PENGUSAHA MUDA

TIPS KUNCI SUKSES PENGUSAHA DI USIA MUDA
TIPS KUNCI SUKSES PENGUSAHA DI USIA MUDA

Mencapai sebuah kesuksesan bukan suatu hal yang mudah. Sukses bukanalah persoalan umur dan seberapa besar modal yang dimiliki. Sukses di usia muda, harus memiliki sebuah pengorbanan dan ketekunan yang kuat. Namun harus diakui, kesuksesan bukanlah tanpa rintangan, tidak ada jalan mulus mencapainya. Ada banyak hal yang sering kali menjadi penghambat sehingga banyak yang akhirnya berhenti berjuang di tengah jalan. Berikut beberapa tips sukses pengusaha diusia muda :

KUNCI SUKSES PENGUSAHA MUDA

1.  Tetapkan tujuan hidup

  Tips sukses di usia muda yang pertama harus memiliki tujuan dalam hidup. Tidak jarang seseorang baru menyadari tujuan hidupnya pada usia tua. Sangat disayangkan memang, Seringkali orang tidak berani melakukan perubahan dalam hidupnya. Dia hanya menunggu perubahan tersebut. hingga akhirnya tujuan hidupnya tidak tercapai. Namun beberapa lebih memilih menghabiskan masa muda hanya untuk bersenang-senang saja. Ubah dan tetapkan tujuan hidup ke arah yang dapat membawa pada sebuah kesuksesan,Tujuan hidup hari ini akan mempengaruhi kehidupan di masa mendatang. Namun pertimbangkan plus dan minus dari setiap poin yang ingin di tetapkan.

2.  Menjadi sosok berbeda yang unik

 Menjadi sosok yang unik memang tidak mudah karena akan ada saja orang yang tidak menyukai kepribadian Anda. Sosok yang memiliki keberanian, berani mengejar mimpi, dan pantang menyerah adalah sebuah keunikan seseorang. Keunikan ini akan menonjolkan ciri khas yang akan menjadi pembeda antara Anda dan orang lain. Manfaatkan keunikan ini sebagai cara sukses di usia muda dalam membangun karier Anda. misalnya dengan membangun persaingan sehat dengan pesaing dalam dunia bisnis.

Baca Juga :   Cara Mencegah Lengkuas Tidak Kering

3.  Memiliki sebuah pengetahuan bisnis

Pengetahuan adalah sumber daya yang memiliki peranan penting untuk menunjang sebuah usaha dan bisnis agar berjalan dengan semestinya.  Pengetahuan dalam usaha dan bisnis disebut sebagai modal pengetahuan atau modal intelektual dalam bisnis. pengetahuan dalam bisnis ini adalah elemen penting yang memungkinkan perusahaan untuk beroperasi disektor pasar yang sedang ditargetkannya. Apabila anda minim akan suatu pengetahuan mengenai bisnis tersebut, maka bisnis anda akan sulit untuk berkembang dan bisa membuat bisnis bangkrut juga sia-sia. Maka dari itu, luangkan waktu untuk membaca setiap buku mengenai sebuah pengetahuan bisnis.

4. Tentukan Karier Impian

Menentukan tujuan untuk karier masa depan harus dibentuk sejak dini. Dan ternyata, cara yang paling efisien dalam meraih kesuksesan karier masa depan yaitu dengan menetapkan target atau impian. Dalam membangun karier impian memang tak semudah angan-angan dan harus melalui berbagai rintangan hingga bisa mencapai puncak yang dituju.Mempunyai impian yang jelas mengenai bagaimana Anda akan mencapi kesuksesan dan menjadi pengusaha muda sukses Indonesia akan membuat Anda lebih bersemangat serta memiliki arah yang jelas.

5. Memiliki Integritas

 Orang yang berintegritas berarti memiliki priibadi yang jujur dan memiliki karakter kuat. untuk menunjang menjadi pengusaha muda sukses harus memiliki dan mengedepankan integritas. Untuk membangun pribadi berintegritas,anda harus membangun konsep diri positif, yaitu memiliki pandangan dan perasaan yang positif mengenai diri sendiri yang akan membuat seseorang menjadi manusia yang optimis dalam menyelesaikan masalah. Orang yang memiliki integritas tinggi mampu menghadapi setiap godaan yang akan merusak integritasnya. Dia akan hidup dengan keyakinan yang kuat dan berpegang teguh pada nilai- nilai yang diyakininya. Integritas yang tinggi akan melahirkan orang-orang yang disiplin dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Pribadi yang berintegritas akan tetap pada komitmennya dan tahan terhadap ujian yang akan menggoncangkan komitmen tersebut.

Baca Juga :   Faktor Penyebab Kulit Nampak Lebih Tua

6.  Berani mengambil resiko

Seorang pengusaha harus berani mengambil resiko sehingga berkeinginan untuk mendapatkan hal-hal baru di dalam hidupnya. Mengambil keputusan dengan mempertimbangkan resiko terkecil dari pilihannya adalah hal yang perlu anda biasakan dan ini merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses. Sehingga calon pengusaha dapat di tentukan dari cara pandangannya menyelesaikan masalah. Berani mengambil resiko adalah salah satu kunci dalam memulai usaha, karena dalam komponen ini banyak sekali item yang mengikutinya, yaitu berani rugi, berani mengambil keputusan, berani menghadapi masalah, berani menahan diri untuk tidak menggunakan uang perusahaan untuk bersenang-senang, serta berani untuk bangkrut.

7.  Berani menantang diri sendiri

Seorang pengusaha harus siap menghadapi tantangan. Tantangan di dalam dirinya sendiri maupun di lingkunganya. Terlebih dahulu Anda harus menantang diri sendiri sehingga mendorong untuk tetap bersemangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi.

Seorang pengusaha harus gesit dalam mencari tantangan berikutnya untuk menghadapi apa yang menjadi visi Anda. Berani menantang diri untuk belajar dan mencoba hal-hal baru, punya sikap yang positif, dan loyal kepada perusahaan.

Baca Juga :   Tips Pakai Parfum, Wangi Tahan Lama

8.  Percaya diri

Kemampuan ini juga akan meningkatkan intuisi yang bergantung pada kebijakan dalam mengambil keputusan. Percaya akan kemampuan diri akan menghilangkan rasa ketidakpastian yang seringkali menjadi ketakutan pengusaha di awal memulai berwirausaha. suatu keadaan dimana seseorang merasa percaya dan mengakui akan kemampuan pribadinya dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Rasa percaya diri tersebut dinilai berdasarkan pendapat pribadi dan oleh diri sendiri.

Dengan demikian, rasa percaya diri yang dimiliki oleh setiap orang mempunyai manfaat yaitu supaya bisa menjalani kehidupan dengan penuh keyakinan.

9.  Lakukan karena Passion

Dengan passion pengusaha tidak akan pernah lelah untuk bekerja berjam-jam dan masih bersemangat untuk mendapatkan ide- ide bisnis kreatif baru. Pilihlah passion Anda, baik di bidang teknologi, fashion ataupun kuliner sehingga bisa mendalami bisnis yang Anda mulai. Contohnya, jika Anda menyukai kopi dan memiliki pengetahuan lebih, kenapa tidak mencoba untuk memulai bisnis kedai kopi sendiri. Banyak yang bermula dari hobi kini menjadi tempat usahanya.

10.  Terus belajar

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

Sekian informasi cara sukses pengusaha di usia muda yang perlu Anda ketahui untuk mewujudkan impian menjadi kunci pengusaha muda sukses Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here