13 Cara Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh

13 Cara Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh

Seperti kita ketahui, bahwa pada masa pandemi covid-19 yang sedang terjadi pada saat ini penting sekali untuk menjaga kesehatan. Berbicara mengenai kesehatan tubuh, pastiny berkaitan dengan imunitas yang ada di dalam tubuh kita. Ketika imun kita kuat, maka virus akan sulit menyerang daya tahan tubuh kita.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Agar imunitas tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh:

Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit.

Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral, misalnya guava.

Makan Makanan Berserat dan Tinggi Prebiotik

Jika kamu ingin menerapkan cara meningkatkan imun tubuh, maka kamu bisa memulainya dengan menjaga kesehatan saluran pencernaan terlebih dulu. Dengan begitu, sistem imun tubuh akan lebih kuat dan kamu terhindar dari penyakit seperti GERD, hepatitis, wasir, hingga kanker.

Konsumsilah makanan berserat seperti jagung, brokoli, tomat, gandum, beras merah, alpukat, dan kacang-kacangan. Kemudian makanan yang kaya akan prebiotik atau bakteri baik, seperti yogurt atau susu yang difermentasi dengan campuran bakteri baik.

Baca Juga :   Cegah Diare dan ISPA dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

 Kurangi Junk Food dan Fast Food

Sudah rahasia umum jika junk food merupakan makanan yang tidak baik bagi kesehatan. Junk food adalah makanan yang diolah dengan proses yang menghancurkan nilai gizi dari bahan makanan yang digunakan. Sehingga gizinya sangat rendah. Sedangkan fast food atau makanan instan juga merupakan makanan yang kurang baik jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan waktu yang lama, karena gizinya rendah.

Keduanya mampu melemahkan sistem imun, dan membuatnya menjadi lebih agresif. Jika hal ini terus berlangsung, maka sistem imun akan rusak dan sulit mengatasi serangan penyakit. Maka dari itu, salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang terbaik adalah mengurangi junk food dan fast food.

Berjemur

Berjemur selama 15 menit di bawah sinar matahari pagi juga baik untuk meningkatkan imun tubuhmu. Vitamin D dari sinar matahari ini membuat sel-sel kekebalan tubuh jadi lebih aktif saat melawan benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Jaga Kebersihan

Sistem imun tubuh juga akan meningkat jika kamu menjaga kebersihan diri, makanan yang dimakan, dan kebersihan lingkungan sekitar. Lebih seringlah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, mandi dua kali sehari, hingga membersihkan rumah setiap hari.

Cukupi istirahat

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

Hindari stres untuk Meningkatkan Imunitas

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga :   Awas! Disfungsi Pendengaran Karena Pakai Headset

Rutin berolahraga

Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah.

Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih agar tubuhmu tidak dehidrasi. Sebab bahaya dehidrasi sangat tidak baik, dimana kamu akan jadi cepat lelah dan sulit berkonsentrasi. Jika hal ini terjadi, maka sistem imun akan melemah dan tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Minumlah air putih sebanyak delapan gelas per hari. Biasakan untuk membawa botol berisi air minum kemanapun kamu pergi, agar kamu terbiasa untuk mengingat waktu minum di sela aktifitas.

Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh, perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut. Beberapa kandungan berikut ini dapat bermanfaat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh:

  • Echinacea
    Suplemen yang mengandung echinacea cukup direkomendasikan. Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, echinacea dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. Oleh karena itu, tumbuhan herba ini dianggap baik untuk membantu tubuh melawan virus penyebab flu.
  • Morinda citrifolia atau buah mengkudu
    Buah yang dikenal dengan sebutan mengkudu ini mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan tubuh. Misalnya kalium yang terkandung pada mengkudu, mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, serta memperbaiki kerusakan sel. Namun, Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, atau penyakit liver, disarankan untuk menghindari konsumsi suplemen yang mengandung mengkudu. Sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.
  • Phylantus atau daun meniran
    Meski memerlukan penelitian lebih lanjut, daun meniran dianggap mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun meniran, berfungsi melawan radikal bebas dan memperkuat sistem imun tubuh.
Baca Juga :   Sering Kesemutan, Berikut Ini Penyebabnya

Mengandung vitamin B6, C, dan E

Suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C, likopen, dan vitamin E cukup direkomendasikan. Ketiga vitamin ini dapat memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Dengan mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh, dengan menjalankannya secara rutin dan tepat bisa membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Hal ini ditujukan agar kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit. Juga bisa dikatakan sebagai antisipasi kita untuk mencegah adanya bakteri dan virus penyebab penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here