8 Langkah Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

8 Langkah Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Merawat rambut yang benar dan tepat perlu dilakukan agar rambut tetap kuat, sehat, dan tampak bersinar.  Beberapa orang terkadang tanpa disadari masih melakukan kesalahan saat merawat rambut. Mengetahui cara merawat rambut yang benar penting untuk dilakukan, karena rambut memiliki fungsi lebih dari sekadar mahkota. Dengan melakukan cara perawatan yang tepat, ada banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan. Simak ringkasan berikut mengenai tips merawat rambut agar tetap sehat, dengan begitu kamu bisa mengetahui Cara merawat rambut dengan tepat.

Merawat Rambut

  • Gunakan sampo yang cocok dengan rambut

Salah satu cara merawat rambut agar kuat, sehat, dan bersinar adalah menggunakan sampo yang cocok dengan jenis rambut. carilah produk sampo yang tidak menggunakan zat berbahaya untuk helaian rambut Anda. Pastikan Anda mencari produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan, bukan berdasarkan harga yang paling mahal. Seperti kulit, rambut pun memiliki beragam jenis, seperti rambut berminyak, normal, atau kering.  Memilih sampo bukanlah perkara mudah, karena setiap orang bisa memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Pemilihan sampo yang tidak tepat justru dapat membuat rambut mudah rusak. Oleh karena itu, Anda perlu lebih selektif dalam memilih jenis sampo yang akan digunakan.

  • Rutin menggunakan masker rambut

Rambut berminyak dan rambut kering memiliki jenis masker yang berbeda. Maka dari itu, pahami kandungan apa yang baik untuk kedua jenis rambut ini, sebelum membuat masker rambut. Rutin menggunakan masker rambut dapat memperkaya nutrisi dan menjaga kelembapan kulit kepala. Perawatan rambut alami ini juga berlaku untuk gel lidah buaya. Pastikan Anda mencari produk yang memang menggunakan gel lidah buaya murni. Kuning telur dan lidah buaya juga dipercaya bermanfaat sebagai cara merawat rambut alami. Tips merawat rambut menggunakan kuning telur, campurkan 3 kuning telur dengan 3 sendok teh minyak kelapa hangat.

  • Perhatikan nutrisi rambut

Cara merawat rambut tak hanya dari luar, melainkan juga dari dalam dan nutrisi yang dikonsumsi.  Selama ini, kebanyakan orang terlalu berpatok pada produk-produk perawatan seperti sampo, kondisioner, dan lainnya untuk menjaga kesehatan rambut mereka. Padahal, makanan yang Anda konsumsi sebenarnya juga berpengaruh untuk kesehatan rambut. Makanan untuk rambut yang sehat haruslah kaya akan zat yang bermanfaat diantaranya,Sereal yang difortifikasi zat besi dan daging tak berlemak.

  • Batasi catokan dan pengering rambut

Tips perawatan rambut saat menggunakan alat pengering rambut adalah gerakkan pengering pada area rambut lainnya, dan jangan terkonsentrasi pada satu titik saja. Membatasi penggunaan catokan dan alat pengering rambut. Memang, rasanya sulit untuk tidak menggunakan catokan ataupun pengering rambut. Jika Anda menggunakan pengering rambut, para ahli menyarankan agar alat tersebut berjarak sekitar 15 cm dari permukaan rambut.  Hindari penggunaan catokan atau pengering rambut setiap hari. Anda bisa membatasi penggunaan alat-alat tersebut 2-3 kali dalam seminggu untuk memulihkan kekuatan rambut setelah dicatok.

  • Jangan mengikat rambut terlalu kuat

Kondisi rambut rusak bisa disebabkan oleh hal-hal sepele yang jarang kamu sadari. Seperti Mengikat rambut.  Mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat rambut rusak, mudah patah, rontok dan tampak kusam karena peredaran nutrisi ke tiap helai rambut terhambat. Menggunakan ikat rambut memang praktis dan membuatmu tak mudah merasa gerah. Namun, kamu harus menghindari kesalahan ini saat mengikat rambut supaya rambutmu tetap sehat dan tak rentan. Beberapa kesalahan diantaranya adalah Mengikat Rambut yang Masih Basah, Malas Mencuci atau Mengganti Ikat Rambut Secara Teratur.

  • Lakukam pijatan pada kepala

Sebuah studi menemukan bahwa pijatan pada kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut dan menguatkannya seiring waktu. Rajin pijat kulit kepala dapat melebarkan arteri di kulit kepala sehingga meningkatkan aliran darah ke folikel rambut dan memperpanjang siklus pertumbuhan rambut. Lakukan pijat ini dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Maka nantinya, akar rambut bisa tumbuh lebih kuat dan tidak gampang rontok. Aliran darah lancar ke rambut juga dapat memicu pembentukan folikel rambut baru di kepala yang nantinya dapat merangsang pertumbuhan rambut-rambut baru yang lebih sehat.

  • Hindari Menyisir rambut yang basah

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa cara untuk mencegah rambut kusut adalah dengan menyisir rambut setelah keramas. Padahal, folikel rambut yang basah justru rentan menjadi kusut. Saat rambut basah, rambut cenderung rapuh. Rambut yang basah juga sebaiknya tidak disisir berlebihan. Begitu pula saat menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo. Prinsipnya, yakni gunakan secukupnya dan tak berlebihan. Langkah berikut Sebaiknya menunggu hingga rambut kering terlebih dahulu sebelum menyisirnya. Gunakan juga sisir bergigi lebar agar rambut tidak mudah rusak.

  • Gunakan vitamin rambut

Meski sering dipandang sepele, vitamin rambut punya manfaat luar biasa untuk kesehatan rambut. Selain melindungi rambut dan memberi nutrisi, vitamin juga bisa melembutkan dan memperbaiki rambut rusak. Pada dasarnya setiap vitamin punya manfaat yang berbeda, tergantung kandungan dan formula masing-masing. Ada vitamin E untuk melembutkan, vitamin A untuk merangsang pertumbuhan rambut, hingga vitamin C untuk menguatkan akar. Gunakan Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar.

Baca Juga :   Tips Buang Masker Agar Tak Didaur Ulang dan Disalahgunakan

Bagaimana, apakah tanpa sadar Kamu masih sering melakukan berbagai kesalahan dalam perawatan rambut di atas? Setelah mengetahuinya, kini Kamu bisa lebih berhati-hati dalam merawat dan memperlakukan rambutmu dengan benar dan baik. Jangan lupa, Rambut yang sehat akan membuat penampilanmu juga semakin menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here