Wajib Hindari !, 10 Kebiasaan Buruk Yang Mengganggu Kesehatan

Kebiasaan Buruk - insomnia - mengganggu kesehatan

kebiasaan buruk ataupun baik yang dilakukan sehari-hari dapat menentukan kualitas hidup Anda. Khususnya kebiasaan-kebiasaan buruk yang berpotensi mengganggu kesehatan tubuh Anda. Beberapa jenis kebiasaan ini mungkin tidak masalah jika hanya sesekali dilakukan. Namun, kebiasaan buruk yang dijalani secara rutin dalam jangka panjang, tentunya dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak main-main. Sebaiknya segera ubah kebiasaan buruk Anda sebelum terlambat.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mengganggu Kesehatan


Untuk menghindari risiko berbagai gangguan kesehatan di masa depan, sebaiknya Anda hindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan berikut mulai dari sekarang.

1. Tidur dalam keadaan terang

Walaupun sudah beraktivitas seharian, terkadang Anda masih merasa kesulitan untuk tidur yang kemudian menghidupkan televisi untuk memberikan rasa ngantuk pada mata Anda dan tidur dalam keadaan televisi menyala. Ataupun, ketika Anda merasa ketakutan tidur dalam keadaan gelap gulita membuat semua lampu pada kamar tidur dalam keadaan hidup dan situasi yang terang benderang. Kebiasaan buruk seperti diatas akan mengganggu kualitas tidur Anda. Penilitian membuktikan bahwa tidur dengan keadaan lampu menyala akan menurunkan kadar melatonin, mempengaruhi suhu tubuh, kadar glukosa dan tekanan darah. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat keadaan kamar tidur dalam keadaan gelap sebelum anda terlelap.

Baca Juga :   7 Tips Mengatur Keuangan Yang Wajib di Coba

2. Mendengarkan musik keras – keras

Umumnya di saat merasa bosan, Anda akan tergiur menggunakan headphone untuk mendengarkan lagu kesukaan. Akan tetapi mengaturnya dengan volume penuh akan menyebabkan kerusakan pendengaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik genre pop-rock melalui headphone selama 60 menit dengan volume 50 -100 persen akan menyebabkan kerusakan pendengaran temporer. Jika keseringan, kebiasaan buruk ini akan menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen.

3. Berlebihan memakan junk food

Makanan cepat saji kaya lemak trans, gula, rempah-rempah dan bahan pengawet buatan. Tergantung pada makanan cepat saji konstan hidup akan menambah ukuran pinggang Anda dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kolesterol tinggi, diabetes dan masalah jantung dalam jangka panjang. Sebagai makanan cepat saji kaya lemak buruk, meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh dan menyebabkan pengerasan arteri, yang selanjutnya dapat menyebabkan timbunan plak.

4. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur

Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur, baik itu makan besar atau ngemil, bisa meningkatkan asupan kalori dan menyebabkan penambahan berat badan.

Baca Juga :   Manfaat Kawista, Menangkal Radikal Bebas hingga Turunkan Gula Darah

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition  tahun 2017 menunjukkan bahwa makan saat tubuh sedang mengalami kenaikan kadar melatonin dapat menyebabkan peningkatan lemak tubuh. Kadar melatonin sendiri meningkat saat hari sudah petang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini