10 Cara Mengendalikan Emosi yang Wajib di Coba

Cara Mengendalikan Emosi yang Wajib di Coba

Mengendalikan Emosi merupakan hal yang harus dimiliki di jaman sekarang. Banyak hal yang bisa memicu seseorang menjadi mudah marah, mulai dari stres berlebih, masalah keluarga, hingga isu finansial. Bahkan, ada juga yang mudah marah karena masalah seperti ketergantungan pada alkohol atau depresi.

Emosi yang dirasa terlalu berlebihan akan membuat hari-hari kamu tidak bersemangat. Hubungan kamu dengan dengan orang lain di sekitar juga menjadi tidak baik. Hal ini yang membuat kamu harus menahan emosi agar tidak meledak dan mengakibatkan kerugian kedepannya. Simak 10 tips berikut mengenai cara mengendalikan emosi:

Cara Mengendalikan Emosi

  1. Buang pikiran buruk

Saat kamu sedang dilanda masalah yang rumit, otak akan cenderung lebih fokus memikirkan jalan keluar terbaiknya. Berusaha untuk berhenti memikirkannya agar tidak memunculkan reaksi negatif. Memang sulit untuk tidak memikirkannya, tetapi dengan mencoba untuk melupakannya sesaat dapat membuat kamu lebih rileks. Jika Anda sedang berada di keramaian atau di tengah rapat kantor, minta sedikit waktu menenangkan diri Anda di tempat yang sepi dan nyaman. Tentunya bila kondisi tersebut memungkinkan. Mencari udara segar setidaknya dapat membantu untuk membangkitkan pikiran ke arah yang positif.

  1. Menenangkan diri sendiri

Berilah diri Anda waktu untuk menyendiri menjauhi orang lain dan pergi ke suatu tempat. Dengan menyendiri, Anda dapat memikirkan segala sesuatunya dengan lebih jernih. Jadi duduklah dan tarik napas sejenak, lalu cari solusi untuk menyelesaikan masalah yang membuat Anda marah tersebut.  Oleh karena itu, saat Anda marah, tenangkan diri sehingga siklus agresi Anda berantakan. Dengan pikiran tenang, Anda bisa berpikir logis dan mencari solusi. Untuk menenangkan diri, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut diantaranya, Tarik napas dalam-dalam, Hitung 1 s.d 10, dan yang terakhir Alihkan perhatian.

  1. Belajar Mengalah

Emosi yang terjadi dapat disebabkan karena ego dari kedua belah pihak. Sebagai seorang lelaki, kamu juga bisa mengendalikan emosi wanita dengan mencoba untuk lebih mengalah. Mengalah dapat membuat kamu mencari jalan keluar permasalahan yang sedang terjadi.

Baca Juga :   Tips Alami Atasi Jerawat Punggung

Jika sedang berurusan dengan kolega yang menyulitkan, menanggapinya tidak akan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, cobalah mengalah dan menjadi pihak yang lebih bijak. Kemampuan untuk tetap tenang dan berkepala dingin dalam situasi penuh tekanan merupakan ciri kepemimpinan yang kuat.

  1. Bercerita kepada orang terdekat

Memendam emosi negatif hanya akan memperburuk keadaan dan membuatnya meledak di kemudian hari. Cara untuk menahan emosi juga dapat kamu lakukan dengan menceritakan masalah pada orang terdekatmu. Meski tidak mendapatkan solusinya, setidaknya beban yang ditanggung akan terasa lebih ringan. Menceritakan apa yang kita rasakan akan membantu kita merasa lebih baik. Kita juga bisa mendapatkan dukungan sosial dan emosional dengan menceritakannya kepada orang terdekat. Bahkan jika diperlukan, kamu juga bisa menggunakan jasa psikiater untuk membantu memberikan solusi atau pun terapi dari sisi yang lebih profesional.

  1. Bicara dengan terapis

Cara mengendalikan emosi yang terkahir adalah berbicara langsung dengan terapis. Jika emosi terus terasa berlebihan, mungkin inilah saatnya untuk mencari dukungan profesional. Emosional jangka panjang atau persisten dan perubahan suasana hati terkait dengan kondisi kesehatan mental tertentu, termasuk gangguan kepribadian ambang dan gangguan bipolar . Kesulitan mengendalikan emosi juga dapat berhubungan dengan trauma, masalah keluarga, atau masalah mendasar lainnya. Seorang terapis dapat menawarkan dukungan penuh kasih dan bebas penilaian saat ingin mengatasi emosi yang meledak secara presisten.

  1. Instrospeksi Diri

Setiap permasalahan haruslah melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk meninjau kembali permasalahan yang telah kamu alami. Jangan takut untuk mengakui kesalahan jika memang kamu menyadari kesalahan tersebut terjadi karenamu. Dan belajar mengambil manfaat sekecil apapun dari setiap kejadian/situasi. Menerima situasi yang sedang terjadi dapat membantu kita dalam mengontrol emosi. Cobalah untuk berkata pada diri sendiri bahwa situasi yang tengah kita alami bukanlah masalah besar.

  1. Hindari situasi yang bisa memicu munculnya emosi negatif

Hindarilah situasi yang bisa membuat Anda merasakan emosi negatif. Sebagai contoh, jika Anda mudah kesal saat terburu-buru atau terjebak macet, Anda dapat mengatur waktu untuk berangkat saat arus jalan sedang tidak terlalu macet.

Baca Juga :   Sulit Tidur Malam? Ini Tips Mengatasi Insomnia

Bila emosi tersebut datang saat melihat media sosial atau bahkan datang saat bersama orang-orang tertentu, tidak ada salahnya Anda beristirahat sejenak dari log in media sosial atau bertemu dengan orang-orang tersebut.

  1. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat membawa pengaruh positif bagi hidup Anda, misalnya: Berolahraga.

Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, namun juga merupakan sarana untuk mengelola stres. Yoga, tai chi, dan aerobik merupakan beberapa contoh latihan fisik yang baik bagi kesehatan mental. Mempelajari kemampuan baru. Seperti mempelajari bahasa atau pun alat musik dapat membangkitkan kepercayaan diri Anda dan menjadi salah satu cara yang baik untuk mengendalikan emosi.

  1. Lakukan Relaksasi Otot

Selain berolahraga, cara mengendalikan emosi lainnya dapat dilakukan dengan relaksasi otot. Lakukan peregangan berbagai kelompok otot pada tubuh dan kendurkan perlahan-lahan dengan membuang napas.

Menggerakkan leher dan menggoyangkan bahu adalah beberapa contoh gerakan yang dapat dilakukan untuk membantu mengendalikan emosi. Tidak diperlukan peralatan, hanya cukup melakukan beberapa gerakan saja.

  1. Meditasi

Melakukan meditasi dapat menjadi salah satu alternatif cara mengontrol emosi. Meditasi dapat meningkatkan kesadaran terhadap perasaan serta pengalaman yang pernah kita alami sebelumnya.

Baca Juga :   12 Tips Liburan Aman Selama Pandemi yang Wajib Kamu Coba

Selain membantu mengontrol emosi, meditasi juga memberikan sejumlah manfaat lain, mulai dari membuat tubuh menjadi lebih rileks hingga mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Demikianlah beberapa cara mengendalikan emosi yang dapat dilakukan untuk mengatasi emosi atau kemarahan. Kini Anda dapat belajar untuk mengendalikan emosi dengan menerapkan langkah-langkah di atas.

Apabila Anda masih menemui kesulitan setelah mencoba cara mengendalikan emosi di atas, segera konsultasikan dengan ahlinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here