7 Tips Mengatur Keuangan Yang Wajib di Coba

7 Tips Mengatur Keuangan Yang Wajib di Coba

Keuangan pribadi  mahasiswa umumnya sangat terbatas. Untuk itu agar dapat mencukupi semua kebutuhan, kalian perlu mengetahui cara mengatur keuangan. Sebagai mahasiswa atau pelajar kalian sudah harus belajar untuk hidup mandiri. Mampu mengatur keuangan merupakan salah satu wujud dari hidup mandiri.

Kebanyakan dari kalian mungkin masih mengandalkan uang bulanan dari orangtua karena memang tujuan utama kalian adalah belajar. Selain sibuk belajar kalian harus bisa benar-benar membagi keuangan sesuai anggaran dan jangan terlalu boros. Kalian harus benar-benar mengelolanya dengan baik serta bijaklah dalam membelanjakannya.

Kebiasaan mengatur keuangan tidak hanya berdampak baik saat kalian berkuliah atau sekolah  saja, akan tetapi bisa juga kalian terapkan ketika kalian sudah bekerja dan berkeluarga. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan pribadi agar semua kebutuhan dapat tercukupi, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Mengatur Keuangan

1. Membuat Daftar Anggaran Kebutuhan Prioritas

Pelajar atau mahasiswa saat ini lebih senang membelanjakan uangnya tanpa mengatur anggaran terlebih dahulu. Maka dari itu perlu sekali kalian membuat daftar anggaran kebutuhan prioritas. Daftar anggaran tersebut nantinya berisi kebutuhan bulanan yang sifatnya prioritas dan harus diutamakan.

Baca Juga :   5 Tips Usir Laba-Laba di Rumah paling Ampuh

Seperti kebutuhan pokok makan, bayar kost (bagi yang kost bulanan), kebutuhan kebersihan, bayar tagihan (listrik, air, dan wifi), kebutuhan kecantikan (bagi perempuan), kebutuhan ATK beserta lainnya, dan masih banyak kebutuhan lainnya yang bersifat kondisional serta darurat. Selain itu nominal uangnya juga harus kalian tentukan, sehingga nantinya akan memudahkan kalian dalam menggunakan atau membelanjakannya.

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Tips selanjutnya adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu. Catatlah semua pemasukan dan pengeluaran keuangan. Kamu bisa menyiapkan buku atau memo kecil sebagai tempat untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan. Kamu bisa isi dengan tanggal kamu mendapatkan atau mengeluarkan uang dan nominalnya.

Tujuannya agar kamu mengetahui berapa pengeluaran kamu dan bisa mengevaluasi apakah ada pengeluaran yang tidak terlalu penting, atau malah pengeluaran kamu lebih besar daripada pemasukan. Kamu akan mengetahui semua itu jika kamu mencatatnya dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan untuk mencatat dan mengatur keuangan baik keluar masuknya uang.

Baca Juga :   12 Tips Liburan Aman Selama Pandemi yang Wajib Kamu Coba

3. Menggunakan Prinsip 50/30/20

Prinsip ini sering disebut dengan the balanced money formula. Tujuan dari prinsip ini adalah untuk mengelola keuangan pribadi, namun disamping itu kita masih bisa menikmati hidup.

Prinsip ini bisa kita lakukan dengan membagi keuangan kita menjadi tiga kubu, yaitu kubu 50%, kubu 30%, serta kubu 20%.

Kubu 50 persen digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar kita yang memang harus dipakai, artinya mutlak dan tidak bisa diubah lagi, seperti makan, paket data internet, bayar buku, bayar cicilan, dan sebagainya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini