13 Cara beradaptasi pertama kali masuk sekolah

13 Cara beradaptasi pertama kali masuk sekolah

Pertama kali masuk sekolah adalah hal yang menyenangkan sekaligus juga bikin deg deg an. Pasalnya kamu harus tau cara beradaptasi atau menyesuaikan diri di lingkungan sekolah baru. Tentunya bukan hal yang mudah. Jika kamu berada diposisi ini, dan merasa canggung, itu adalah hal yang wajar. Namun tidak boleh dibiarkan lama lama, kamu harus bisa beradaptasi dilingkungan baru. Untuk mempermudah beradaptasi dilingkungan baru, ikuti tips dibawah ini.

 Beradaptasi Pertama Kali Masuk Sekolah

1. Ramah terhadap semua orang

menjadi pribadi yang ramah, tidak hanya dilakukan disekolah aja. Sebagai orang baru kamu harus memasang wajah senyum, atau senatural mungkin. Jangan sampai memasang wajah masam dan cemberut. Walaupun merasa tidak nyaman. Sekolah baru adalah memulai pengalaman baru. Dan kamu juga pastinya membutuhkan orang lain atau orang sekitar. Menjadi pribadi yang ramah bisa mendapatkan lingkungan yang positif.

2. Menghormati guru

cara kedua adalah dengan menghormati guru, dengan menghormati guru, kamu akan lebih akrab kepada guru dan lebih cepat menyesuaikan di lingkungan sekolah barumu. Dengan begitu kamu bisa menjalin pertemanan baik dikelas maupun dengan tingkat yang lebih tinggi. Tetapi jangan sampai berlebihan, intinya sebagai murid, kamu terus diawasi oleh guru setiap gerak gerikmu.

Baca Juga :   News Grafis : Sekolah Tak Kunjung Masuk, Penjualan Seragam Lesu

3. Pengenalan Lingkungan Sekolah

Sebelum sekolah dimulai,pergilah mengunjungi sekolah bersama orang tuamu. Cari tau dimana letak kelasmu, kantin, perpustakaan auditorium dan tempat tempat penting lainnya. Karena keaadaan sepi, maka bisa dimanfaatkan dengan baik dan bisa puas jika pergi ketempat yang dikunjungi.

4. Jadilah diri sendiri

Saat dilingkungan baru, harus menjadi diri sendiri. Jika kamu menjadi orang lain,maka kamu sangat  mudah  di manfaatkan oleh orang lain. Dan berteman dengan maksud tujuan lain. Tentunya kamu tidak ingin seperti itu. Menjadi diri sendiri, orang lain akan lebih merasa nyaman jika berada didekatmu.

Sekolah harusnya menjadi tempat ternyaman bagi siswa, maka dari itu apa salahnya jika kita memulai komunikasi  kepada siswa lain. Adaptasi akan lebih mudah jika kamu terbuka terhadap lingkungan sekitar.

5. Taati aturan sekolah

Sekolah tentu saja memiliki aturan yang wajib ditaati oleh murid. Dan jika kamu yang pertama kali memasuki sekolah, wajib mengetahui apa saja aturan aturan disekolah. Jangan sampai kamu tidak menaati aturan tersebut dengan alasan tidak tau aturan yang ada disekolahmu.

Jadilah murid yang taat aturan. Menaati aturan juga bisa membuatmu menjadi pribadi yang postif dan disiplin. Juga terhindar dari hukuman, sikap bertanggung jawab. Disenangi guru, teman, dan memiliki lingkungan yang nyaman, aman, dan damai.

6. Menjaga penampilan

Banyak yang  menilai orang adalah dari penampilannya. Untuk itu jagalah penampilan kamu,dimanapun kamu berada. Misal dengan menyetrika seragam kamu, memakai ikat pinggang, dasi. Layaknya orang yang berpendidikan.

7. Jangan sombong

menjadi orang sombong pastinya  akan merasa risih dan tidak nyaman jika berada didekatnya. Orang yang sombong pastinya memilik  rasa lebih hebat dari yang lain.Dengan sikap ini, pastinya jika melihat orang baru  suka memalingkan mukanya.

Baca Juga :   8 Langkah Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

untuk itu jika kamu ingin cepat beradaptasi, cobalah untuk menjadi orang yang murah senyum, dan ramah.

8. Mengenali sifat atau karakter teman baru

Saat bertemu dan memiliki teman-teman baru tentu saja kamu belum tahu bagaimana sifat dan karakter mereka.

Nah, perlahan-lahan mulailah untuk mengamati dan mengenali bagaimana karakter teman-teman kamu terutama yang berada dalam satu kelas.

Mengenali karakter teman-teman membantu kamu lebih mudah masuk dalam circle pergaulan mereka. Jangan lupa juga untuk bertanya apa yang menjadi minat dan hobi teman baru kamu tersebut.

Siapa tahu kamu dan teman yang lain memiliki minat dan hobi yang sama sehingga bisa melakukan aktivitas menyenangkan bersama-sama.

9. Ikut kegiatan sekolah

Mengkiti kegiatan sekolah adalah cara yang efektif untuk beradaptasi di lingkungan sekolah yang baru. Disekolah tentu banyak kegiatan tambahan  selain tugas utama bagi  siswa. Kamu bisa memilih kegiatan sesuai dengan hobi. Didalam kegiatan,kamu akan bertemu dengan siswa lain. Adaptasi akan lebih mudah saat bertemu  teman baru yang kamu dengan satu hobi yang sama.

10. MOS

Mos merupakan salah satu masa yang bisa kamu  dapatkan dengan baik.dalam kesempatan kali ini tidak hanya di kenalkan lingkungan sekolah tetapi orang-orang yang ada di dalamnya pun akan di kenalkan seperti, kepala sekolah, guru, dan senior-senior anda selaku pengurus Osis. Dengan begitu anda akan sangat mudah mengenali hingga kedepannya tinggal bagiamana cara anda agar bisa menjaga hubungan baik dengan meraka sehingga ketika bertemu tidak ada lagi rasa canggung. Jadi manfaatkan momen MOS anda sebaik mungkin.

Baca Juga :   Disdik Semarang Sebut 99 Persen Sekolah Siap PTM

11.Menjadi teman yang baik

Buatlah keputusan yang baik saat mencoba menjalin pertemanan. Di sekolah baru, Kamu memiliki kesempatan untuk berteman dengan siapa saja. Kamu mungkin tergoda untuk mencoba bergaul dengan anak- anak yang keren. Namun, sebaiknya Kamu memfokuskan usaha untuk berteman dengan orang-orang yang membuatmu nyaman bersama mereka. Ini membawa kita kembali kepada gagasan menjadi diri sendiri.

12. Berprestasi

Cara yang paling efektif adalah dengan berprestasi yang baik. Anak yang paling berprestasi di sekolah biasanya mudah untuk dikenal. Selain itu banyak teman-teman yang suka bermain dengan siswa yang berprestasi. Untuk itu ketika kamu masuk ke sekolah baru cobalah untuk lebih berprestasi. Prestasi di sini bukan hanya sekedar dapat peringkat 1 di kelas. Kamu bisa berprestasi di bidang seni, olahraga dan bidang .

13. Rajin senyum

Senyum Pada Siapa Saja. Jangan pelit dengan senyuman. Cobalah untuk rajin tersenyum. Trik senyum yang baik adalah dengan sedikit menunjukkan gigi kamu. Senyum dengan cara seperti ini biasanya akan mendatangkan respon yang positif terhadap orang yang ada di sekitar kamu. Ketika melihat kamu tersenyum, teman-teman kamu jadi tidak ragu untuk mengajak kamu mengobrol dan bermain. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang terbuka pada setiap orang.

itu tadi tips cara beradaptasi lingkungan sekolah baru. Bersabar dan selalu menjadi orang yang positif. Menyesuaikan diri membutuhkan waktu. Jika kamu masih mengalami kesulitan, Cobalah konsultasi kepada orang tuamu dan gurumu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here