Coba 12 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tips menjaga Kesehatan Mata

Pernahkah kamu, Pengalami mata lelah akibat seharian bekerja didepan komputer? Saat bekerja menggunakan handphone atau komputer, kedipan mata menjadi  berkurang, yang mengakibatkan mata menjadi perih, gatal, panas, kering. Menatap layar komputer  terlalu lama juga  bisa menimbulkan dampak. Dampak tersebut adalah,

  • Kelelahan pada mata
  • Pandangan menjadi kabur
  • Sulit memfokuskan pandangan pada objek jauh
  • Mata menjadi kering
  • sering Sakit kepala
  • Sakit pada leher, punggung dan bahu

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata, meski seharian bekerja didepan komputer?. Coba terapkan kebiasaan hidup sehat seperti dibawah ini

Tips Kesehatan Mata

1. Atur posisi monitor

kebanyakan orang,melihat monitor dengan posisi mata  kebawah bukan sejajar.Aturlah monitor menjadi 15-20 derajat dibawah pandangan lurus. Juga tempatkan komputer sejauh 50-71 cm dari mata.

2. Atur posisi duduk

Kursi yang digunakan bekerja harus nyaman dan sesuai dengan postur tubuh anda. ketinggian kursi juha harus diatur supaya kaki bisa bersandar dengan nyaman di lantai. Posisi lengan juga diatur supaya mendapat posisi nyaman ketika mengetik

3. Berkedip

Biasanya orang berkedip lebih sedikit dari biasanya saat berada didepan komputer. Hal ini dapat menyebabkan mata kering dan gatal, yang berisiko mata menjadi lelah.Berkedip, menghasilkan air mata, yang dapat membuat mata menjadi lebih segar.

Baca Juga :   10 Buah yang bikin Kulit Sehat, Wajib di Coba

4. Istirahat

Cara menjaga mata sehat disaat disaat bekerja didepan komputer seharian adalah dengan istirahat disela sela waktu bekerja anda. Istirahatkan mata sekitar 15 menit.

5. Rutin cek mata

Rutin mengecek mata ke dokter adalah langkah utama untuk mencegah dan mengatasi mata merah akibat seharian didepan layar komputer. Mengecek mata ke dokter harus rutin dilakukam setidaknya sekali dalam setahun.

6. Atur pencahayaan

Mata lelah diakibatkan oleh cahaya yang terlalu terang. Baik melalui sinar matahari, ataupun pencahayaan ruang kantor yang berlebihan. Akibatnya Anda harus selalu mengernyitkan mata selama bekerja. Jika memungkinkan cat dinding ruangan Anda dengan warna yang lebih gelap dengan hasil akhir matte. Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai, serta kurangi pencahayaan interior dengan menggunakan lebih sedikit lampu, atau gunakan lampu dengan intensitas rendah. Jika memungkinkan, posisikan layar komputer Anda di samping jendela, bukan di depan atau di belakangnya.

7. Atur terang-gelap kontras sinar laptop

Pantulan pada dinding dan layar komputer Anda juga dapat bisa menyebabkan CVS. Sesuaikan kecerahan layar Anda sehingga kira-kira sama dengan kecerahan di zsekitar tempat kerja Anda. Pertimbangkan untuk memasang layar anti-glare pada monitor Anda.Jika Anda masih memakai monitor komputer berbentuk tabung (disebut juga cathode ray tube atau CRT), Anda perlu menggantinya dengan liquid crystal display. seperti pada layar laptop. Layar LCD lebih aman pada mata dan biasanya memiliki permukaan anti reflektif, sedangkan layar CRT lebih mudah menyebabkan CVS. Sesuaikan kontras ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata Anda, terutama saat membaca atau menyusun dokumen yang panjang. Biasanya, teks hitam dengan latar belakang putih merupakan kombinasi yang baik.

Baca Juga :   Rambut Sehat dengan Perawatan di Rumah

8. Olahragakan mata

Untuk mengurangi risiko mata lelah karena terus berfokus pada layar komputer, Anda perlu berpaling dari komputer Anda setiap 20 menit dan menatap benda jauh (sekitar 20 kaki atau 6 meter jauhnya) selama 20 detik. Sebagian dokter mata menyebut ini “20-20-20 rule”. Melihat jauh dapat melemaskan otot mata sehingga mengurangi kelelahan pada mata Anda.

9. Memakai kacamata

Jika  memakai kacamata, pilihlah lensa kacamata dengan pelapis anti-reflective (AR). Lapisan AR mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata Anda.Untuk kenyamanan Anda di depan komputer, Anda mungkin juga dapat memodifikasi resep kacamata untuk membuat kacamata komputer yang disesuaikan. Hal ini berlaku terutama untuk Anda yang biasanya memakai lensa kontak yang mengalami mata kering dan tidak nyaman selama bekerja depan komputer.

10. Minum vitamin

Vitamin merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan seluruh organ didalam tubuh. Salah satunya adalah mata. Agar mata senantiasa dalam kondisi yang sehat, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan zat gizi lainnya

11. Olahraga

Olahraga merupakan rutinitas pentingg yang juga dapat menjaga kesehatan mata. Jika sering didepan komputer, sedangkan anda jarang berolahraga yang rutin. Nah, ini adalah salah satu penyebab mengapa mata anda akan cepat merasa nyeri dan sakit jika berlama-lama didepan layar komputer. Karena itu, demi menjaga mata dan tubuh anda, sebaiknya anda menyempatkan waktu untuk selalu olahraga.

Baca Juga :   Ciri Seafood Yang Aman Dikonsumsi

12.Konsumsi makanan sehat

Makanan bisa mempengaruhi kesehatan mata kita. Makanan yang tepat dapat membantu menjaga mata dari degenerasi makula, dan melindungi diri dari gangguan mata ringan. Biasakan  untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mampu membantu kita menjaga kesehatan mata. Perbanyak konsumsi sayuran seperti bayam, kol, dan kubis yang mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin yang mempu membantu mengurangi resiko penyakit mata.

Selain itu jangan lupa juga untuk  mengkonsumsi sayuran dan buah seperti wortel, alpukat, kacang almond, strawberry, jeruk, brokoli, dan mangga yang mengandung banyak vitamin A dan C yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain vitamin A, konsumsi juga makanan yang mengandung beta karoten yang nantinya juga akan dikonversikan menjadi vitamin A dan mengandung antioksidan yang mampu mengurangi resiko degenarasi makula. Dan Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas, karena bisa mengurangi kemungkinan rusaknya mata karena cahaya

Itu tadi  beberapa tips yang bisa kamu praktekin. Bekerja dikomputer memang memiliki risiko. Yang dapat kita lakukan adalah meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh komputer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here