Semangat Anak Penyandang Kanker dalam Melawan Penyakit

Semarang1 Dilihat

Semarang, Suryamedia.id – Semangat luar biasa dari para anak penyandang kanker untuk sembuh patut menjadi contoh bagi masyarakat yang masih sehat.

Pasalnya, di tengah perjuangan melawan penyakit yang mematikan tersebut, anak-anak masih mampu menunjukkan keceriannya.

Hal itu diungkapkan Atikoh Ganjar Pranowo, saat talkshow dalam rangka Bulan Kanker Anak sekaligus memperingati lima tahun Inspirasi Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Semarang, secara daring, Rabu (8/9/2021). Menurutnya, semangat luar biasa dari anak-anak tersebut harus menjadi contoh.

“Anak-anak yang sedang melawan kanker saja ceria. Masak kita ngluntruk. Seperti tulisan di kaos saya, kita kudu strong. Kita harus kuat agar bisa melayani, mendampingi mereka,” beber Atikoh.

Atikoh juga menambahkan bahwa anak-anak tersebut menjadi insiprasi banyak orang. Inilah saatnya untuk berbagai dengan sesama, kepada mereka yang kurang beruntung. Termasuk kepada anak-anak penyandang kanker yang ada di YKAKI.

Diantaranya adalah dengan memberikan perhatian kepada anak-anak yang sedang berjuang melawan kanker, mulai dari asupan gizi, pendampingan, hingga mendatangkan pengajar untuk pendidikan anak-anak itu.

Baca Juga :   News Grafis : Lapas Kelas I Semarang Buka Program Rehabilitasi Sosial

“Hak anak untuk bermain dan mendapatkan pendidikan terfasilitasi,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga memberikan apresiasinya kepada anak-anak yang selalu ceria, seperti halnya yang nampak saat pertemuan daring tersebut.

Ganjar pun menyempatkan menyapa satu per satu peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Anak-anak diminta unjuk kebolehan. Ada yang menyanyi, ada pula yang bermain gitar kecil. Senyum dan tawa terlihat sepanjang interaksi yang dilakukan Ganjar. Terlebih, saat Ganjar membagikan hadiah kepada anak-anak itu.

Dia meminta, semangat dan keceriaan mereka harus ditiru, dengan tidak menampakkan kesedihan saat berada di dekat anak penderita kanker.

“Mesti tahu apa yang kita rasakan di hati kita. Hati saya juga tiba-tiba mengecil, saya bisa merasakan. Tapi, kawan-kawan tidak sendiri. Masih banyak orang yang peduli,” ujar Ganjar.

Ia pun siap membantu kegiatan yang diselenggarakan YKAKI. Termasuk, akan berpartisipasi dalam konser amal virtual yang digelar YKAKI Cabang Semarang, dengan menyumbangkan lagu, sekaligus mengajak orang berdonasi.

Kepala Cabang YKAKI Semarang Vita Mahaswari mengapresiasi perhatian Ganjar dan Atikoh. Diakui, keduanya selalu memberikan perhatian dan semangat bagi anak-anak penderita kanker. Dia berharap, masyarakat juga ikut peduli terhadap anak-anak tersebut.

Baca Juga :   Jalan Rusak di Kota Semarang Akibat Ducting Akan Diperbaiki

Dikatakan, memperingati lima tahun YKAKI Cabang Semarang, pihaknya akan menyelenggarakan berbagai kegiatan amal. Antara lain, kado untuk anak YKAKI Semarang, dengan melibatkan para pelajar. Sehingga, mereka diharapkan memiliki kepedulian terhadap rekannya yang tengah menderita kanker.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menggelar konser amal virtual, dengan melibatkan musisi dan anak muda dari Semarang. Masyarakat yang akan menyaksikan hanya dikenai donasi Rp20000.

“Info selanjutnya akan kami sampaikan melalui IG kami (@ykakisemarang). Kami berharap masyarakat bisa terinspirasi dengan perjuangan anak-anak kami,” tandasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *