Ribuan Pelajar Ikuti Kompetisi Sains Nasional Provinsi SMA/MA Tingkat Jateng

RIBUAN PELAJAR IKUTI KOMPETISI SAINS NASIONAL PROVINSI SMA/MA TINGKAT JATENG
Foto: Sebanyak 1.235 akan meramaikan Kompetisi Sains Nasional Provinsi (KSN-P) SMA/MA tingkat Jateng/jatengprov.go.id

Semarang, Suryamedia.id – Sebanyak 1.235 akan mengikuti Kompetisi Sains Nasional Provinsi (KSN-P) SMA/MA tingkat Jawa Tengah yang akan berlangsung secara daring pada 13 September-16 September 2021.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud) Provinsi Jateng Syamsudin Isnaini mengatakan, KSN-P SMA/MA akan diikuti 1.235 peserta didik yang akan memperlombakan sembilan bidang sains.

Rinciannya, Matematika 126 siswa, Fisika 141 siswa, Biologi 137 siswa, Kimia 120 siswa, Informatika 126 siswa, Astronomi 140 siswa, Ekonomi 158 siswa, Geografi 145 siswa, dan Kebumian 142 siswa.

“Berkaca pada jumlah peserta KSN tingkat provinsi yang telah ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Jawa Tengah termasuk dalam tiga besar, dengan kepesertaan terbanyak dalam skala nasional,” kata Syamsudin dalam sambutannya pada pembukaan KSN-P, melalui siaran virtual, Jumat (10/9/ 2021).

Sedangkan provinsi dengan peserta terbanyak yang mengikuti perlombaan ini adalah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Dalam KSN nasional yang akan diselenggarakan pada 25-30 Oktober 2021, Jawa Tengah menetapkan target berupa perbaikan peringkat nasional. Yang mana, sebelumnya ada di peringkat 5 nasional, bisa jadi juara umum.

Baca Juga :   News Grafis : Bus Trans Jateng Rute Semarang-Grobogan Resmi Diluncurkan

“Setidaknya mampu menjadi tiga besar (peringkat nasional). Mudah-mudahan,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikbud Provinsi Jawa Tengah Yuni Astuti, mengapresesiasi prestasi para peserta. Dimana mereka telah berhasil untuk mewakili daerahnya untuk mengikuti perlombaan ini.

“Saya yakin bahwa keterpilihan anak-anakku kalian semua ini adalah buah dari kerja keras, ketekunan belajar dari yang lainnya. Dan tentunya berkat bimbingan para guru, restu orang tua, serta orang-orang yang sangat mengasihi kalian semua,” katanya.

Ganjar pun meminta para peserta untuk memanfaatkan momen ini dengan sebaik mungkin. Sehingga dapat meraih prestasi yang terbaik.

Nantinya, siswa terbaik akan muncul untuk mengikuti perlombaan di tingkat nasional hingga internasional.

“Itulah kebanggaan yang patut kita syukuri bersama,” ujarnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here